Technologue.id, Jakarta – Instagram tampaknya akan segera merilis sebuah fitur terbaru bagi para pengguna platform mereka. Pasalnya, mereka dikabarkan tengah menguji coba sebuah fitur dimana para pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila seseorang melakukan screenshot di Instagram Stories mereka.

Fitur ini tentunya sangat dinantikan oleh para pengguna Instagram di seluruh dunia. Pasalnya, selama ini pengguna Instagram lain dapat secara bebas mengambil screenshot Instagram Stories pengguna lain tanpa sepengetahuan para pemilik akun.

Baca juga: 

Berapa Banyak Pengguna Instagram di Indonesia?

- Advertisement -

Ini berarti pada pengguna Instagram tidak mendapatkan privasi yang baik pada saat mereka melakukan posting sebuah Instagram Stories.

Mengutip dari laman TechCrunch.com (12/02/2018), para akun terpilih nantinya akan dapat melindungi privasi Instagram Stories mereka. Akan tetapi, ada beberapa tahapan sebelum pada akhirnya para pengguna akun akan diberikan notifikasi jika ada seseorang yang melakukan screenshot Instagram Stories mereka.

Baca juga:

 Baru Lahir, Bayi Kylie Jenner Langsung Pecahkan Rekor Instagram

Pertama-tama, para pelaku akan diberikan peringatan seperti di bawah ini. Kemudian, barulah Instagram akan melaporkan pemilik akun bahwa seseorang telah mengambil screenshot Instagram Stories mereka.

Untuk melihat siapa saja yang telah mengambil schreenshot Instagram Stories mereka, para pengguna dapat membuka daftar siapa saja yang melihat Instagram Stories mereka. Jika ada orang yang melakukan schreenshot, maka akan terlihat ikon kamera di sebelah nama mereka.

Baca juga:

Instagram Janji, Upload Konten Stories Pelbagai Ukuran Akan Lebih Mudah

Instagram sendiri diduga melakukan percobaan fitur ini untuk mengetes apakah fitur ini memiliki dampak yang baik atau tidak. Jika iya, maka kemungkinan besar Instagram akan segera meluncurkan fitur ini secara global.

Sayangnya, beberapa orang berpendapat bahwa ide fitur ini bukan ide original dari Instagram, ataupun Facebook. Mereka menganggap, fitur ini telah dicuri dari Snapchat, yang kenyataannya telah memiliki fitur ini semenjak beberapa tahun yang lalu.