Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Sukses Digelar Secara Online, Indonesia Website Awards Ditonton Ribuan Pengunjung Internet
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Untuk mengapresiasi perancang dan pengembang website serta para pelaku UMKM yang kini memiliki bisnis online dengan berfokus pada website, Exabytes Indonesia sukses menggelar Indonesia Website Awards (IWA). Ajang penghargaan website terbesar di Indonesia ini dilaksanakan pada Sabtu, 20 Juni lalu. Acara ini merupakan acara ketiga yang secara konsisten dilaksanakan setiap tahunnya oleh Exabytes Indonesia sejak tahun 2017 yang sebelumnya juga telah dilaksanakan di Malaysia dan Singapura.

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia mengungkapkan bahwa acara ini bertujuan untuk mengapresiasi para pemilik, perancang dan pengembang website yang telah berinovasi mengembangkan platform web di Indonesia. "Selain sebagai ajang penghargaan, ajang ini juga bertujuan untuk mengajak dan mendorong para pelaku UMKM untuk merintis bisnisnya secara online dan menggunakan website sebagai media untuk bisnis digitalnya."

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Website Awards dihelat secara online dikarenakan pandemi Covid-19. Meskipun begitu, antusiasme sangat terasa karena lebih dari 1000 orang mendaftar untuk mengikuti ajang website terbesar di Indonesia. Acara ini disiarkan langsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB melalui Zoom dan Youtube dengan total penonton mencapai 500+ orang, dan untuk Facebook Live sendiri ditonton oleh 11 ribu pengunjung internet.

Selain mengumumkan pemenang IWA 2019 dan memberikan penghargaan, di acara Indonesia Website Awards kali ini juga diisi dengan seminar online (Webinar) dengan para pembicara-pembicara handal dan berkompeten. Dengan tema Anticipate the Future Direction of Web Dev in 2020, Web Developer Talk terbagi dalam beberapa sesi presentasi dan panel discussion yang membahas tentang perkembangan website, WordPress, IT dan trend teknologi di tahun 2020 yang menarik untuk penggiat IT. Banyak ilmu dan insight menarik yang didapatkan yang dapat mendorong web developer terutama pelaku UKM untuk mengembangkan websitenya agar bisa bersaing di dunia digital.

Para pemenang Indonesia Website Awards ini diperuntukkan untuk para web developer dan web designer yang telah mendaftarkan websitenya di tahun 2019 lalu. Total website yang mendaftar IWA adalah sebanyak 655 website dengan setiap bulannya ada sekitar 50-60 website yang terdaftar. Para website ini telah dinilai dari juri handal dan panel juri sesuai dengan kriteria IWA yaitu dari segi desain, SEO, aksesibilitas, performa, dan konten.

Peserta yang mendaftarkan websitenya masuk ke dalam beberapa kategori sebagai berikut: Personal, Commercial dan E-Commerce. Dari kategori akan dipilih website terbaik dan diberikan penghargaan sesuai dengan masing-masing kategori. Secara kompetitif, website yang telah didaftarkan akan dipilih pemenang dengan nilai tertinggi yang telah dinilai oleh para juri. Penghargaan yang diberikan dalam IWA 2019 yakni Site of The Month, Public’s Favorite Website dan Site of The Year.

Hasilnya, total ada 31 pemenang IWA dengan 10 pemenang Site of The Month Kategori Personal, 10 pemenang Site of The Month Kategori Commercial, dan 8 pemenang Site of The Month Kategori E-Commerce serta 3 website Public’s Favorite Website. Dari 28 pemenang Site of The Month dipilih 3 pemenang unggulan untuk dianugerahi penghargaan Site of The Year IWA 2019.

Berikut ini adalah pemenang Site of The Year IWA 2019

Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa trophy, sertifikat, merchandise Indonesia Website Awards dan Voucher Exabytes senilai 3 juta rupiah (untuk Public's Favorite Website), 5 juta rupiah (untuk pemenang Site of The Month dan 7 juta rupiah (untuk pemenang Site of The Year).

"Selamat kepada para pemenang Indonesia Website Awards 2019. Saya berharap bahwa penghargaan ini dapat memotivasi para perancang dan pengembang website untuk meningkatkan kreativitas, kualitas website dan daya saing di era digital saat ini. Serta diharapkan dapat memajukan pertumbuhan industri ekonomi digital dengan para pelaku UKM di Indonesia," kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia.

Di akhir acara, Indra Hartawan akan beroptimis untuk membuat ajang website terbesar di Indonesia ini lebih baik lagi kedepannya dengan inovasi baru. Indra pun akan menantikan website-website terbaik lahir di Indonesia Website Awards 2020 kelak.

SHARE:

5 Tips Untuk Memaksimalkan Konten Live Stream Bagi UMKM

Kolaborasi dengan Tokopedia, TikTok Tampilkan Kampanye Beli Lokal via Icon "Shop" di Sebelah Beranda