Super Thanks, Cara Baru Youtuber Dapat Uang

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – YouTube menyuguhkan cara baru menambah pemasukan uang bagi para kreator konten. YouTube memperkenalkan “Super Thanks”, sebuah fitur yang bisa dimanfaatkan content creator untuk mendapatkan penghasilan langsung dari para penontonnya.

Dilansir dari The Verge (20/7/2021), lewat fitur Super Thanks ini, nantinya para penonton bisa memberikan sejumlah uang, selayaknya tip, kepada konten kreator atau video yang disukainya.

Baca Juga:
YouTube Tambah Pengaturan Kualitas Video di Smartphone

Fitur Super Thanks ini akan muncul dalam bentuk icon hati atau love yang berada satu baris dengan tombol like, unlike dan share. Buat penonton yang ingin memberikan dukungan, cukup menekan (klik) icon love tersebut, kemudian memilih nominal yang ingin diberikannya kepada sang konten kreator.

Untuk sementara ini, ada empat pilihan nominal uang yang bisa dipilih, mulai dari US$2, US$5, US$10 hingga US$50, atau disesuaikan dengan mata uang negara tempat penonton itu berada.

Manajer produk barang digital berbayar di YouTube, Barbara Macdonald mengatakan bahwa mereka tak menutup kemungkinan untuk menyediakan pilihan nominal lainnya, termasuk juga pilihan nominal secara manual yang bisa dipilih sendiri oleh penonton.

“Selama fase pengujian sebelumnya, awalnya hanya ada satu titik (pilihan) harga, tetapi pembuat konten memberi tahu perusahaan bahwa penonton menginginkan lebih banyak pilihan saat memberikan dukungan mereka ke channel (YouTube) yang mereka sukai,” kata Barbara.

Usai memberikan dukungan lewat fitur Super Thanks, nantinya akan muncul animasi perayaan di layar smartphone penonton yang bersangkutan, dalam wujud tulisan “Thanks” dan juga balon warna-warni yang berterbangan ke atas.

Selain itu, nama yang penonton tersebut akan tertulis di kolom komentar video, lengkap dengan nominal uang yang diberikannya lewat fitur Super Thanks itu.

Baca Juga:
Youtube Shorts Jadi Fitur Pesaing TikTok, Begini Cara Bikinnya

Saat ini fitur Super Thanks masih dalam tahap uji coba selanjutnya, setelah sebelumnya sempat hadir dengan nama “Tepuk Tangan Penonton” atau “Viewer Applause”. Super Thanks baru hadir dalam YouTube versi Beta dan bisa digunakan di 68 negara berbeda saat ini, lewat desktop, Android, ataupun iOS.

Kehadiran Super Thanks ini, semakin menambah banyak opsi dukungan uang yang bisa didapat langsung seorang konten kreator dari penontonnya.

Sebelumnya, sudah ada keanggotaan channel, yang memungkinkan pembuat konten mendapatkan uang lewat langganan bulanan penontonnya. Juga ada fitur Super Stickers dan Super Chat, yang memungkinkan penonton memberikan tip lewat chat ketika live streaming sedang berlangsung.

- Advertisement -

Latest News

Vivo Y53s Meluncur di Indonesia, Ini Spek dan Harganya

Technologue.id, Jakarta - vivo Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran vivo Y53s sebagai generasi Y-Series terbaru di Indonesia. Konsumen kini bisa mendapatkan vivo...

Debut Realme GT Master Edition dan Explorer Edition Dirancang Desainer Kawakan

Technologue.id, Jakarta - Realme resmi meluncurkan seri realme GT Master Edition di Tiongkok pada 23 Juli 2021. Dalam balutan desain dari Naoto...

Game Mobile Sambangi Netflix, Tanpa Biaya Tambahan

Technologue.id, Jakarta - Netflix akan menghadirkan konten game di platformnya. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh perusahaan. "Kami juga...

Kementerian BUMN Luncurkan Aplikasi FitAja!

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan beberapa BUMN yang bergerak dibidang Healthcare meluncurkan platform kesehatan dalam rangka memperluas akses Digital...

Advan Luncurkan G5 Plus, Harga Rp 1 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Advan kembali meluncurkan smartphone murahnya. Adalah Advan G5 Plus, smartphone yang memiliki RAM 3GB ini dibandrol dengan harga Rp...

Related Stories