Susah Pesan Ojol Pas Lebaran, Driver Gojek “Mogok”

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kesulitan memesan ojek online saat Hari Raya Idul Fitri dirasakan oleh pengguna. Hal ini lantaran driver ojek online enggan bekerja pada hari Lebaran tahun ini.

Menurut Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono, hal tersebut disebabkan oleh ketiadaan bonus untuk driver ojol.

Igun menyebut driver lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di Idul Fitri karena perusahaan ojol tidak memberi insentif kepada mitranya. Oleh karena itu, calon penumpang kesulitan mendapatkan layanan sejak Kamis, 13 Mei lalu.

“Jadi semenjak dikurang-kuranginnya bonus jadi menurunkan teman-teman ojol untuk mencari order. Apalagi ini sedang hari raya ya, jadi lebih banyak yang memilih bersama keluarga dibanding narik,” ujarnya dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (14/5/2021).

Baca Juga:
Telkomsel Siram Gojek Rp 4,3 Triliun

Menurut Igun, banyak driver tidak lagi gencar beroperasi seperti dulu akibat pemangkasan bonus yang diberikan perusahaan aplikasi ojol. Malah, Igun menyatakan loyalitas driver menurun karena mereka mulai kesusahan mendapatkan pendapatan lebih, walaupun tetap mengejar bonus.

“Artinya perlu effort lebih untuk bisa dapat bonus, sedangkan kalau di hari raya ya itu order nggak terlalu banyak. Jadi, narik pun tidak banyak yang tidak bisa dapat bonus,” jelas Igun.

Igun menghimbau kepada perusahaan aplikasi ojol untuk memperhatikan kesejahteraan mitranya. Ia menjelaskan, pada akhirnya, pelanggan juga akan terdampak oleh layanan yang kurang cukup.

Tetapi Igun memprediksi bahwa normalitas akan berlanjut pada Senin, 17 Mei mendatang.

Di sisi lain, Senior Vice President Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo menyatakan pihaknya berkomitmen akan mempertemukan pelanggan dengan mitra untuk menghadirkan solusi. Rubi menyatakan akan bertemu di hari libur nasional dan hari besar keagamaan.

Baca Juga:
Kasus Sate Maut, Ternyata Sianida Dijual Bebas di Marketplace

Rubi menyebut, Gojek telah memberikan program special Hari Raya untuk memastikan ketersediaan layanan pelanggan pada Hari Raya Idul Fitri. Rubi menjelaskan program special tersebut adalah sebuah penawaran pendapatan khusus untuk mitra yang bekerja di hari itu. Program ini dinyatakan berlanjut mulai 11 Mei lalu.

“Gojek juga memiliki program khusus bagi mitra driver, yaitu program Swadaya yang ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada mitra driver menambah pendapatan dan mengurangi biaya operasional sehari-hari melalui berbagai inisiatif dan program yang dapat dinikmati oleh mitra driver beserta keluarganya,” jelasnya.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories