Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Susunan Petinggi GoTo, Perkawinan Gojek - Tokopedia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Penggabungan usaha atau merger antara Gojek dengan Tokopedia melahirkan susunan manajemen perusahaan.

Dalam perusahaan baru ini, Andre Soelistiyo menjabat sebagai CEO GoTo Group dan Patrick Cao sebagai President GoTo. Lalu, Kevin Aluwi akan menjadi CEO Gojek dan Wiliam Tanuwijaya sebagai CEO Tokopedia.

Andre juga akan terus memimpin pembayaran dan layanan keuangan, di bawah merek baru GoTo Financial, yang mencakup GoPay serta penawaran layanan pedagang dan keuangan Grup.

Baca Juga:
Gojek dan Tokopedia Resmi Merger

Dalam keterangan resminya, GoTo merupakan merupakan perusahaan yang mengabungkan layanan on-demand, sistem pembayaran digital dan marketplace. GoTo Group menjadi platform konsumen digital terbesar di Indonesia, yang mencakup sebagian besar pengeluaran rumah tangga konsumen. Penggabungan bisnis kedua ini menjadi penggabungan bisnis terbesar yang dilakukan di Indonesia dan di Asia.

Total nilai transaksi penggabungan ini bruto grup ini hingga akhir 2020 lalu lebih dari US$ 22 miliar, dengan lebih dari US$ 1,8 miliar terjadi pada 2020.

Total armada pengemudi terdaftar lebih dari dua juta dan jumlah mitra pedagangnya mencapai 11 juta pada Desember 2020. Jumlah pengguna aktif mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan dan ekosistem yang mencakup 2% dari PDB Indonesia.

CEO GoTo Group Andre Soelistyo mengatakan penggabungan ini menandai dimulainya GoTo dan fase pertumbuhan selanjutnya untuk Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

"Pengemudi Gojek akan mengirimkan lebih banyak paket Tokopedia, mitra dagang dari semua ukuran akan mendapatkan keuntungan dari solusi bisnis yang diperkuat dan kami akan menggunakan skala gabungan kami untuk meningkatkan inklusi keuangan di wilayah berkembang dengan potensi pertumbuhan yang belum tergali," kata Andre dalam siaran persnya, Senin (17/5/2021).

Baca Juga:
Merger Gojek dan Tokopedia Bangun Nama GoTo

Presiden GoTo Group Patrick Cao mengungkapkan model bisnis ke depannya akan lebih beragam, stabil, dan berkelanjutan.

"GoTo Group akan menyumbang lebih dari 2% PDB di Indonesia dan kami akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan peluang memperoleh pendapatan seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan ekonomi kami," ungkapnya.

Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan Gojek. Davis Polk & Wardwell LLP dan Assegaf Hamzah & Partners menjabat sebagai penasihat hukum Gojek.

Citi bertindak sebagai penasihat keuangan Tokopedia. Allen & Overy LLP menjabat sebagai penasihat hukum Tokopedia.

SHARE:

Huawei Bangun Pabrik Chip Senilai US$1,6 Miliar

Realme UI 5.0 Resmi Diluncurkan, Ini Perangkat yang Menerima Pembaharuannya