Technologue.id, Jakarta – Percaya tidak percaya, browser terpopuler sebelum tahun 2008 adalah Internet Explorer. Namun, dominasi yang diakibatkan oleh ‘monopoli’ Microsoft itu akhirnya luntur setelah Google Chrome berusia empat tahun. Ya, untuk pertama kalinya, tahun 2012 lalu Chrome berhasil menjadi browser paling banyak digunakan versi StatCounter, walaupun di beberapa tracker IE tetap nomor satu.

Tahun ini, menariknya, Chrome semakin menegaskan kekuasaannya. Versi StatCounter Oktober 2016 lalu, Chrome terpantau mengontrol 63 persen pangsa pasar desktop browser. Firefox yang terdekat saja hanya 15 persen. Sementara kalau digabungkan dengan semua platform, market share Chrome mencapai 50 persen.

Jika Anda penasaran berapa banyak netizen yang memilih Chrome sebagai tool utamanya untuk surfing di dunia maya, jawabannya ialah 2 miliar perangkat baik di mobile maupun desktop. Angka total install Chrome sedunia itu diungkap oleh Darin Fisher, Vice President Engineering Chrome, di pertemuan tahunan developer Chrome 2016.

Akan tetapi, mengutip AndroidAuthority (11/11/16), tidak dipaparkan sekalian berapa pengguna aktif Chrome dari angka 2 miliar itu. Sebagai patokan saja, April kemarin, Google mengklaim ada lebih dari 1 juta active user Chrome. Ada kans sekarang jumlahnya sudah meningkat.

- Advertisement -

Kalau boleh tahu, apakah Anda juga pengguna Chrome?

 

Baca juga:

HARGA VR HEADSET GOOGLE TERNYATA MURAH!

MASUK INDONESIA, GOOGLE FLIGHTS SIAP PANDU LIBURAN ASYIK ANDA

GOOGLE RILIS DISTRIBUSI USER ANDROID, SEBANYAK APA PENGGUNA NOUGAT?