Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tahun Baru, Trafik Data XL Axiata Melonjak
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - XL Axiata mengalami kenaikan trafik penggunaan layanan data selama libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Sejak 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83 persen dibandingkan hari-hari normal. Kenaikan trafik tertinggi terjadi pada 23 Desember 2018 sebesar 40 persen dan 1 Januari 2019 sebesar 83 persen. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat 540 persen dibandingkan hari-hari biasa. “Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Melalui sistem monitoring jaringan, kami melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, Kamis (3/1/2019).

Baca Juga: Pastikan Jaringan Tetap Aman, XL Axiata Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Ia mengatakan, jaringan XL Axiata sukses dan lancar dalam melayani pelanggan di semua wilayah, termasuk di area-area yang mengalami peningkatan trafik secara signifikan. Peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di sekitar 1.500 site. Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211 persen, Kabupaten Deli Serdang 140 persen dan Kota Medan 115 persen. Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah yang banyak komunitas Nasrani seperti Medan mengalami peningkatan trafik sebesar 35 persen, Manado 55 persen, dan Kupang 37 persen. Area-area lokasi wisata popular yang mengalami kenaikan trafik antara lain Pangandaran sebesar 91 persen, Bali 87 persen, Lombok 80 persen, dan Danau Toba 310 persen. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 165 persen.

Baca Juga: Trafik Data di Jateng Melonjak, XL Axiata Janji Tingkatkan Kualitas Layanan

Pada malam Natal, katanya, layanan yang juga mengalami kenaikan signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) naik 125 persen dan Gaming naik 122 persen. Kenaikan trafik dari jenis-jenis layanan ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapan Natal dan Tahun baru. Saat ini, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 53,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 80 persen dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116 ribu BTS termasuk lebih dari 78 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Jangkauan layanan data (3G & 4G) XL Axiata juga telah melayani lebih dari 422 kota/kabupaten di Indonesia.

SHARE:

Aplikasi Tri bima+ Tawarkan Ragam Fitur dan Penawaran Menarik Bagi Gen Z

Prediksi Kenaikan Konsumsi Layanan Seluler Selama Ramadan