Technologue.id, Jakarta – Di era digital ini, ad-blocker masih menjadi fitur kontroversial. Pasalnya, kebanyakan situs mendapat pemasukan dari iklan. Di sisi lain, banyak juga user yang merasa terganggu dengan iklan itu.

Terlepas dari kontroversi itu, sikap Opera adalah berpihak pada pengguna. Kreator browser asal Norwegia itu belum lama ini mempersenjatai aplikasi Opera dan Opera Mini untuk Android dengan fitur ad-blocker bawaan.

Melansir AndroidAuthority (24/6/16), Opera sebenarnya menonaktifkan fitur ini secara default. Akan tetapi, Anda bisa mengaktifkannya kapan pun dengan mudah. Caranya dengan membuka Settings, lalu pilih Data Saving, kemudian centang kotak Block Ads.

Tentu saja, dengan ditanaminya fitur ad-blocker ini, daya saing Opera bakal lebih kuat. Sebab sebelumnya, perusahaan berusia 20 tahun itu sudah memiliki sejumlah fitur unggulan di dalam aplikasinya, di antaranya data saver, video compression, dan image quality reduction.