HomeHeadlineTanda-tanda WhatsApp Dimata-matai Orang Lain

Tanda-tanda WhatsApp Dimata-matai Orang Lain

Technologue.id, Jakarta – WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang popular digunakan di Indonesia. Meski WhatsApp mengeklaim memiliki tingkat keamanan yang tinggi, bisa saja akun pengguna disadap oleh orang lain.

Kemungkinan akun WhatsApp disadap oleh orang lain memiliki persentase yang sangat kecil, namun bukan berarti tidak bisa. Misalnya, penyadapan melalui WhatsApp Web yang kelupaan di log out pada saat digunakan di perangkat laptop/PC.

Orang lain bisa saja mengakses akun WhatsApp Anda dari laptop/PC saat koneksi ke platform WhatsApp Web tidak diputus. Jika akun WhatsApp Anda sedang dimata-matai atau digunakan oleh orang lain, beberapa indikasi yang bisa diketahui.

Baca Juga:
WhatsApp Luncurkan Fitur End-to-end Encryption Backup, Begini Cara Aktifkannya

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa menjadi indikasi bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap oleh orang lain.

Baterai ponsel akan mulai cepat habis.
Jika Anda merasa tidak melakukan kegiatan di ponsel atau membuka aplikasi tertentu tapi baterai cepat habis, maka patut dicurigai. Bisa saja Anda terkena spyware yang berasal dari aplikasi yang diinstal dari sumber yang tidak jelas dan dapat meretas akun media sosial, seperti WhatsApp dan Facebook. Jadi, ada kemungkinan spyware itu melakukan penyadapan ke akun WhatsApp.

Ada notifikasi yang tidak jelas
Indikasi lain adalah ponsel akan mengeluarkan suara atau bel notifikasi tanpa alasan. Ponsel Anda mungkin bergetar meskipun tidak ada notifikasi yang masuk ke perangkat. Itu juga merupakan tanda bahwa WhatsApp Anda sedang berjalan diam-diam dan aksesnya sedang dibuka oleh orang lain.

Aplikasi WhatsApp sering hang
Jika Anda sering mengalami aplikasi WhatsApp sering hang, ada kemungkinan Anda sedang disadap. Jika seseorang memata-matai WhatsApp Anda, atau sedang dibuka ditempat lain, maka bisa saja aplikasi akan berjalan lebih lambat dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena penggunaan RAM yang berlebihan untuk menjalankan aplikasi. Kemudian, jika WhatsApp Anda tidak menerima pesan atau panggilan apa pun yang tidak biasa, kemungkinan itu sebagai tanda lain sedang dimata-matai.

Baca Juga:
WhatsApp dan Instagram Tumbang Lagi

Ponsel jadi cepat panas
Jika Anda merasakan smartphone memanas dengan sangat cepat dibandingkan dengan sebelumnya, bahkan terjadi saat layar dimatikan, maka harus diwaspadai. Anda harus berhati-hati bahwa prosesor sedang bekerja di background dan sedang melakukan segala jenis pekerjaan yang sulit.

Mungkin kondisi tersebut dioperasikan oleh sekelompok hacker yang mengontrol WhatsApp Anda dari jarak jauh di perangkat lain dengan menginstal spyware ke ponsel tanpa disadari. Tapi, ini hanya terjadi ketika perangkat Anda terhubung ke internet atau WiFi.Kalau begitu, matikan koneksi internet atau WiFi dan lihat apakah kondisi perangkat yang cepat panas bisa dihentikan.

Jika perangkat mulai memanas sekali lagi ketika internet terhubung, maka kemungkinan besar ponsel terjangkit spyware. Lebih baik format ulang perangkat Anda atau menghapus semua aplikasi yang tidak dikenal.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More