Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tekan Obesitas, Sirka Tawarkan Manajemen Berat Badan Secara Personal
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sirka, startup teknologi kesehatan (healthtech), berupaya memberikan layanan kesehatan inovatif yang mudah diakses dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain menyediakan layanan untuk konsultasi, aplikasi Sirka memiliki banyak fitur unggulan lainnya seperti diagnosa dini, weight management, hingga layanan belanja obat.

Dito Krista, Founder dan COO Sirka mengatakan bahwa salah satu peserta program akselerator Startup Studio Indonesia Batch 8 ini fokus pada penurunan berat badan dan gaya hidup sehat. Menurutnya, overweight atau obesitas menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti hipertensi dan jantung.

Baca Juga:
Deretan Aplikasi Pemantau Kesehatan Fisik dan Mental Sepanjang Tahun 2023

Obesitas kata Dito, adalah masalah kesehatan yang harus segera ditangani. Namun, tantangan untuk menangani masalah obesitas ini ternyata cukup kompleks dan luas.

"Kenapa masalah (obesitas) ini besar? dari segi weight care atau akses ke layanan kesehatan untuk manajemen berat badan itu sangat kompleks. Karena dari segi biologis maupun dari fisiologis, kita masing-masing berbeda. Sehingga harus memerhatikan personalisasi baik dari segi biologis, mental maupun lifestyle," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/3/2024).

Bukan hanya soal kesadaran masyarakat yang masih kurang, tapi faktor lingkungan dan teknologi juga sangat mempengaruhi meningkatnya masalah obesitas di Indonesia dari tahun ke tahun. Belum lagi ketersediaan dokter yang belum bisa memenuhi kebutuhan pasien yang meningkat. Mengacu pada hal tersebut, Sirka menargetkan layanan kesehatan melalui akses preventif. Sirka memiliki tujuan untuk membuat program kesehatan berbasis science yang ditunjang dengan literatur dan terbukti secara klinis.

"Semakin banyak masyarakat yang bisa dicegah penyakitnya, maka semakin besar efeknya terhadap layanan kesehatan. Salah satu yang Sirka tawarkan adalah kemudahan bagi pengguna untuk diagnosa atau screening kondisi kesehatan mereka melalui konsultasi online dari dokter spesialis Sirka," ungkap Dito.

Baca Juga:
Indosat Business Edarkan Gelang Kesehatan Pintar untuk Ibu Hamil

Selain itu, pengguna akan dihubungkan dengan ahli gizi dan ahli kesehatan di Sirka secara personal dengan rentang durasi konsultasi online selama 3-12 bulan. Sirka menawarkan layanan konseling penurunan berat badan berbasis langganan (subscription-based) dengan menawarkan obat-obatan dan lainnya.

"Kita juga bisa mengirimkan obatnya langsung ke rumah pasien melalui jaringan klinik dan rumah sakit yang ada di platform Sirka," imbuhnya.

Ini adalah solusi yang sangat terlokalisasi dan dipersonalisasi untuk mencegah kondisi kronis dan meningkatkan kesehatan pengguna dengan biaya relatif terjangkau untuk populasi yang lebih luas.

Saat ini aplikasi Sirka sudah diunduh lebih dari 180 ribu kali melalui Google Play Store dan App Store, serta memiliki 12 ribu pelanggan berbayar.

SHARE:

YouTube Perangi Pemblokir Iklan, Ini Risiko Jika Pakai Ad Blockers

Tim Cook ke Indonesia, Warganet Ramai Minta Bangun Apple Store