Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Teknologi 5G Jadi Akselerator Visi Indonesia Emas 2045
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Teknologi 5G diharapkan mampu mempercepat digitalisasi di Indonesia serta memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Ericsson sebagai penyedia solusi infrastruktur telekomunikasi mendorong 5G sebagai akselerator, mendukung Visi Indonesia Emas 2045.

"5G akan memberdayakan Indonesia untuk mengembangkan potensi Industri 4.0 dan akan menjadi fondasi untuk mewujudkan agenda pemerintah menuju visi Indonesia Digital 2045," kata Krishna Patil, Head of Ericsson Indonesia di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Untuk mendorong penggunaan 5G lebih masif lagi, sekaligus memperkenalkan solusi infrastruktur telekomunikasi, Ericsson menggelar Ericsson Imagine Live 2024. Perusahaan mengungkap use cases dan demonstrasi 5G yang terbagi ke dalam empat zona, antara lain ‘Capture the value of 5G’, ‘Enterprise Transformation’, ‘Shape our Future together’, dan ‘Programmable networks’.

Mengacu pada empat zona tersebut, Krishna Patil menyatakan bahwa kehadiran 5G membuka peluang baru bagi para operator, baik dalam bisnis mobile broadband yang sudah mapan maupun eksplorasi kumpulan peluang baru.

“Evolusi yang saling berhubungan dari bisnis mobile broadband, fixed wireless access, jaringan privat, dan jaringan yang dapat diprogram (Programmable networks), berdasarkan paparan kemampuan jaringan untuk mengembangkan aplikasi, mendukung pendekatan berlapis dalam pengembangan bisnis. Hal ini memungkinkan operator di Indonesia mengaplikasikannya secara berdampingan, sehingga mengoptimalkan peluang mereka dalam menciptakan keuntungan di tengah lanskap 5G yang berkembang pesat,” jelas Krishna Patil.

Di zona 'Capture the value of 5G', pengunjung dapat merasakan pengalaman olahraga yang belum pernah ada sebelumnya dengan demo Immersive Sports Fan, yaitu sebuah aplikasi yang kaya akan fitur yang memungkinkan klub-klub olahraga untuk berinteraksi secara langsung dengan para penggemarnya yang sangat banyak, sehingga dapat menciptakan sumber pendapatan baru.

Memanfaatkan network slicing dan API, penyedia layanan dapat memastikan pengalaman penggemar terbaik sekaligus menerapkan sistem bagi hasil.
Berdasarkan studi Ericsson Consumer Lab berjudul '5G value: Turning performance into loyalty', pengguna 5G di Indonesia menghabiskan rata-rata 35 menit per hari lebih banyak daripada pengguna di pasar yang baru mengadopsi 5G untuk layanan digital dengan kebutuhan data yang tinggi seperti streaming video 4K/HD, melakukan panggilan video, bermain game seluler multiplayer, e-sports, dan sebagainya.

Baca Juga:
Ericsson Dorong 5G Percepat Transformasi Digital di Indonesia

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Honda Janji Bawa 5 Mobil Baru di Ajang GIIAS 2024, Salah Satunya Model Konsep

Selain Manusia, Apple Watch Juga Bisa Mendeteksi Jantung Singa