Home Headline Teknologi China Makin Maju, Mantan Bos Google Sebut AS Terancam

Teknologi China Makin Maju, Mantan Bos Google Sebut AS Terancam

Technologue.id, Jakarta – Mantan CEO Google, Eric Schmidt mengungkapkan kekhawatirannya atas kemajuan teknologi China. Ia menyebut Amerika Serikat (AS) kini tengah terancam.


Seperti dilansir dari South China Morning Post, Kamis (25/2/2021), Eric menyebut saat ini kemajuan teknologi AS hanya satu atau dua tahun lebih unggul, tak lagi lima atau sepuluh tahun seperti beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

China Targetkan 6.000 BTS 5G Baru Tahun Ini


Menurutnya kondisi ini adalah ancaman yang nyata bagi AS, terlebih teknologi yang dikuasai China saat ini adalah artificial intelligence (AI). Ia mengatakan apapun yang ditemukan di open source AI akan segera diadopsi oleh China.


“Ancaman ini benar-benar nyata. Pemerintah perlu membantu dengan beberapa bentuk pendanaan, dan kita perlu membiarkan sektor swasta membangun hal-hal itu dan membuatnya berhasil,” katanya.

Baca Juga:

Trio Hacker Asal Korut Serang AS, Gondol Rp 18 Triliun


Menanggapi hal ini, Pimpinan Senat Partai Demokrat, Chuck Schumer mengaku telah meminta penyusun undang-undang untuk memperkuat sektor teknologi AS dan melawan praktik tidak fair yang dilakukan China.


Ia mengatakan telah ada proposal untuk mencari dana sebesar US$100 miliar untuk memacu penelitian di bidang teknologi utama, mulai dari kecerdasan buatan hingga komputasi kuantum dan semikonduktor.