Teknologi VR Makin Tren, Sennheiser Pamer Perekam Audio 360

Produk VR dan audio mobile dari Sennheiser (Denny Mahardy/Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Teknologi 360 dan virtual reality mulai banyak digunakan untuk menghadirkan konten digital. Diprediksi pada beberapa tahun ke depan konten yang mengusung teknologi 360 dan virtual reality bakalan semakin ngetren di dunia teknologi.

Di gelaran Sennheiser Sound Forum 2017 yang dihelat di Jakarta, Sennheiser memamerkan produk barunya yang mengusung teknologi 3D dan audio 360. Perusahaan asal Jerman itu mengaku sudah memiliki lini kerja khusus di bawah brand AMBEO, framework pengembangan piranti keras, piranti lunak dan alur kerja berbagai audio 3D.

Diakui Garry Tjhin, Assistant Product Manager System Solutions Sennheiser Asia mengaku brand AMBEO merupakan bukti inovasi perusahaannya dalam menghadirkan produk dengan teknologi terkini. Produk berlabel AMBEO disebut Garry akan melengkapi kebutuhan pembuatan konten 360.

Baca juga : Sennheiser perkenalkan headphone setara audio bioskop

“Perangkat yang menggunakan teknologi 360 dan 3D sudah mulai banyak di pasar, tapi sebagian besar berfokus di sisi visual. Di bagian audio masih belum banyak yang masuk, sebab itu kami mau menjadi yang menghadirkan inovasi di sisi audio 360 dan VR lewat AMBEO,” jelas Garry.

Lebih lanjut, Garry mengungkapkan bahwa di masa depan penggunaan teknologi VR akan semakin tinggi. “Bukan hanya dipakai untuk membuat video atau aplikasi, VR dan audio 360 akan diaplikasi dalam live show, pertandingan olahraga atau acara lainnya,” imbuhnya.

Baca juga : Sennheiser luncurkan lini headphone terbaru untuk segala segmen

Gelaran Asian Games 2018 disebut Garry bisa menjadi salah satu momentum penggunaan teknologi VR secara lebih luas di dunia teknologi. Sennheiser berharap teknologi AMBEO bisa ikut ambil bagian bila teknologi VR benar-benar diaplikasikan di Asian Games 2018.

“Asian Games 2018 menurut saya bisa menjadi momentum yang baik, teknologi AMBEO bisa dipakai bila memang Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai mengadopsi teknologi VR,” papar Garry lagi.

Baca juga : Review: Sennheiser HD 4.30G, Desain Elegan Bersuara Ngebass

Garry menambahkan bahwa teknologi VR sangat mungkin dipakai pada ajang akbar. “Acara Singapore National Day Parade sudah pernah memakai teknologi VR, hasilnya bisa dilihat melalui platform digital yang sudah mendukung video 360 seperti YouTube,” tandasnya.

Produk besutan brand AMBEO dari Sennheiser yang sudah mendukung rekaman audio 3D antara lain, AMBEO VR Mic dibanderol Rp 32.099.000 dan AMBEO Smart Headset dibanderol Rp 5.390.000. Keduanya sudah mulai tersedia di pasaran mulai Oktober 2017.