Telegram Sekarang Bisa Video Call Ramai-ramai

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Layanan messaging Telegram telah menghadirkan fitur video call berkelompok (group video call) dalam aplikasinya.

Fitur video call gup di Telegram ini dilengkapi dengan berbagi layar (screen sharing), enkripsi, hingga penyaring suara latar (noise-cancelling). Layanan video call kelompok ini juga bisa dilakukan lewat ponsel, tablet, dan desktop.

“Pembaruan hari ini memungkinkan Anda menghidupkan kamera atau membagikan layar selama Voice Chats dalam grup–di semua perangkat, termasuk tablet dan desktop,” kata Telegram sebagaimana dilansir Ubergizmo (26/6/2021).

Baca Juga:
Cara Memperoleh Centang Biru di Akun Telegram

Saat ini fitur video call grup Telegram terbatas untuk 30 orang.

Ke depan, Telegram berencana akan memperluasnya fitur ini sehingga bisa menampung lebih banyak orang untuk melakukan video call grup.

Sebelumnya, fitur ini direncanakan meluncur pada 2020, namun belum terwujud. Pada Agustus lalu perusahaan itu hanya menambahkan fitur enkripsi end-to-end saat pengguna melakukan panggilan video call dengan satu orang lain, seperti dikutip The Verge.

Baca Juga:
Bos Telegram Sebut Apple Tak Lebih Baik dari Android

Padahal Whatsapp sudah menambahkan fitur enkripsi video call antar pengguna sejak 2018. Namun, berbagai fitur video conference lain seperti yang akan ditambahkan oleh Telegram memang belum tersedia di layanan pesan instan ini. Fitur-fitur tersebut sudah tersedia di layanan video conference lain seperti Google Meet dan Zoom.

Telegram mendapat banyak tambahan pengguna selama pandemi, akibat banyak yang ingin memanfaatkan layanan pesan instan ini saat mereka mesti di rumah saja.

Telegram kini memiliki setengah miliar pengguna aktif. Sebagian tambahan pengguna juta terjadi akibat isu data pribadi Whatsapp. Sehingga mendorong sebagian pengguna beralih ke Signal dan Telegram.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories