Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Teleskop Luar Angkasa James Webb Tangkap Gambar Cincin Uranus
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Teleskop luar angkasa James Webb (JWST) telah menangkap gambar dari cincin Uranus. Gambar tersebut memberikan detail yang menakjubkan dari objek planet yang berada di sistem tata surya.

Ini adalah gambar kedua Uranus yang diambil JWST tahun ini. Yang pertama, dirilis pada bulan April, adalah gambar dua warna yang terdiri dari citra yang ditangkap pada panjang gelombang inframerah 1,4 dan 3,0 mikron.

Baca Juga:
Uni Eropa Investigasi X Terkait Pelanggaran UU Layanan Digital

Gambar terbaru kali ini menambahkan panjang gelombang tambahan, khususnya 2,1 dan 4,6 mikron, untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang planet ketujuh dari matahari, dikutip dari Scientificamerican.

Gambar JWST Uranus yang baru tidak hanya menunjukkan planetnya, melainkan penampakan cincin Uranus yang bersinar terang dalam cahaya inframerah. Optik JWST bahkan telah memecahkan cincin Zeta bagian dalam yang sulit dipahami oleh peneliti.

Baca Juga:
Rumor iPhone 17 Pro Miliki Semua Kamera Belakang Beresolusi 48MP

Teleskop yang dikembangkan oleh NASA itu menangkap sejumlah bulan milik Uranus. Beberapa dari objek bulan tersebut tampak lebih kecil dan redup termasuk beberapa bulan yang tertanam di dalam cincin. Sedangkan tampilan yang lebih luas menunjukkan lima bulan besar Uranus antara lain Ariel, Miranda, Oberon, Titania, dan Umbriel.

Detail yang sangat kaya dalam gambar-gambar baru ini menunjukkan area kutub utara Uranus dalam sorotan. Berbeda dengan lapisan kutub Bumi dan Mars yang terbuat dari es padat, Uranus merupakan dunia gas dan lapisan kutubnya berupa lingkaran cahaya aerosol yang menggantung tinggi di atmosfernya.

SHARE:

2 Turnamen Bergengsi Point Blank Resmi Digelar, Total Hadiah Mencapai Rp12 Juta

Immersive Tech Rilis Smartwatch Pertama Pantau Kebugaran