Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Telkom Luncurkan Solusi Big Data Analytics BigBox
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Telkom) resmi memerkenalkan BigBox pada Rabu (2/12/2020). Dikatakan bahwa ini merupakan solusi big data analytics untuk program Satu Data Indonesia yang dicetuskan pemerintah.

"BigBox merupakan wujud nyata kontribusi Telkom dalam pemanfaatan data bagi masyarakat luas," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam momen peluncuran.

"Ini adalah bagian dari fokus bisnis digital yang tengah Telkom kembangkan khususnya dalam rangka mengakselerasi pengembangan platform digital, sejalan dengan transformasi menjadi perusahaan," tambahnya.

Baca Juga:

Hadirkan Sensasi Nonton Bioskop di Rumah, Telkom Luncurkan IndiHome Cinema


Dijelaskan bahwa BigBox merupakan end-to-end big data platform, produk dari Amoeba sebagai inkubasi model startup internal perusahaan.

Selain itu, BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e- commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne), di mana khusus BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia, secara nasional.

Ririek menyebut BigBox mampu memenuhi semua hal yang tercantum dalam kebutuhan Satu Data Indonesia.

Mulai dari lingkungan data yang terintegrasi dan mudah diakses, pengolahan data, analitik yang akurat dan dipertanggungjawabkan, sampai menghasilkan insight untuk pengambilan keputusan serta API (Application Programming Interface) marketplace yang memudahkan data dibagi-pakaikan.

Baca Juga:

25 Tahun Dual Listing di Bursa Dunia, Telkom Percepat Transformasi Digital Menuju Indonesia Maju


Masih menurut Ririek, sepanjang perjalanan pengembangannya, BigBox juga telah teruji di berbagai use case implementasi big data, di antaranya, proyek yang mengintegrasikan 5.518 sumber data SPBU, bahkan telah mengantarkan BigBox meraih penghargaan nasional dan internasional.

Seperti ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), Data Impact Awards, APAC CIO Outlook hingga sebagai penerima penghargaan di ajang BUMN Millennial Innovation Summit 2020.

"Diharapkan layanan ini mampu secara optimal mendorong ekonomi Indonesia maju lebih cepat. Melalui BigBox kami juga mendorong digital talent di Telkom dan BUMN untuk dapat bersama menggali potensi big data ini dan mampu menghadirkan layanan terbaik untuk semua,” pungkas Ririek

SHARE:

Tools AI Buatan Meta Lebih Bertenaga Berkat Model Llama 3 Baru

Ini Alasan Microsoft Belum Rilis Tools Avatar AI Manusia "Hidup"