Telkomsel gandeng Kominfo jalankan #internetBAIK

Peluncuran kampanye #internetBAIK di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel meluncurkan sebuah program untuk mengedukasi masyarakat soal pemanfaatan internet secara positif. Mengusung kampanye #internetBAIK, program baru Telkomsel dibawa sebagai langkah pelaksanaan tanggung jawab perusahaan.

Kampanye ini diklaim Telkomsel untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet yang Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif. Eksekusi kampanye #internetBAIK dijalankan Telkomsel berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) dan berbagai lembaga swadaya masyarakat.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel menyebutkan makna terpendam dalam kata ‘baik’ pada kampanye #internetBAIK. Menurutnya, baik itu singkatan dari makna ‘bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif’. Program ini disebutnya punya tujuan menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dalam penggunaan internet sehari-hari.

“Kami punya kewajiban membangun ekosistem digital yang positif dengan mengedukasi dan memberikan teladan bagi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua,” papar Ririek di ruang serbaguna Kominfo, Senin (30/5/2016).

Ia melanjutkan, semakin luasnya jaringan broadband tersedia di seluruh Indonesia, Telkomsel melalui #internetBAIK berusaha akan semakin berusaha menekan penggunaan layanan broadband yang kurang bermanfaat. Kampanye program #internetBAIK diharapkan bisa menanamkan semangat cyber wellness di kalangan remaja dengan memberikan sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara ‘baik’.

“Kami percaya dan yakin bahwa penggunaan internet secara baik akan meningkatkan produktivitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa,” tegas Ririek.

#internetBAIK sebagai sebuah kampanye cyber wellness meliputi rangkaian aktivitas sosialisasi dan workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak (murid Sekolah Dasar kelas 4-6) dan remaja (murid Sekolah Menengah Pertama) sebagai entry level pengguna Internet.

Para orangtua dan guru juga dilibatkan dalam kampanye ini untuk berperan sebagai pengawas dan pendamping, sehingga pemahaman mengenai pemanfaatan internet secara baik diharapkan dapat terwujud secara komprehensif.

Selain itu, #internetBAIK juga akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan pemangku kepentingan terkait, sehingga kampanye ini bisa berkembang menjadi sebuah gerakan sosial yang meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai pentingnya penggunaan internet secara bijak.

Pada tahap awal, Telkomsel turut melibatkan LSM yang peduli terhadap dampak negatif internet seperti Yayasan Kita dan Buah Hati yang sejak 1998 telah fokus dalam kegiatan konsultasi, pendampingan, pelatihan dan advokasi seputar isu keluarga dan pengasuhan anak.

Kemudian ICT Watch sebagai organisasi penggagas awal gerakan digital literasi ‘Internet Sehat’ sejak 2002. Dan terakhir Kakatu, sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memproteksi dunia digital anak agar terhindar dari kecanduan gadget, permainan online dan konten negatif lain yang ada di dalamnya.

Telkomsel melalui #internetBAIK juga ingin memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menyebarluaskan gerakan Agen Perubahan Informatika, yang ditujukan untuk menjadi garda depan dalam melakukan pendidikan internet.

“Pada akhirnya kami juga mengajak para pemangku kepentingan untuk turut bekerjasama sehingga bersama kita semua dapat membangun aliansi strategis dalam menyebarkan pemahaman penggunaan dan pemanfaatan teknologi seluler secara Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif,” tandas Ririek.

loading...