Telkomsel Jajal Layanan di 11 Ribu Kilometer Jalur Mudik

Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel (Denny Mahardy/Technologue.id)

Technologue.id, Malang – Menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam memang biasa memanfaatkan momen Ramadan dan Idul Fitri untuk berkomunikasi dengan sanak saudaranya dan menghasilkan lonjakan trafik telekomunikasi bagi operator seluler.

Operator yang memiliki lebih dari 170 juta pelanggan ini menyatakan telah melakukan peningkatan jaringannya secara signifikan. Setidaknya ada hampir dua ribu perangkat base transcever station (BTS) maupun 89 compact mobile base station (Combat) untuk menghadapi momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI).

“Sudah ada 1990 BTS yang kami tambahkan khusus untuk menghadapi RAFI tahun ini, 614 BTS 3G dan 1376 BTS 4G. Selain itu, kami juga akan menurunkan 89 BTS Combat dari sekitar 500 BTS Combat yang Telkomsel miliki,” ujar Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel.

Bob menambahkan bahwa saat ini kebutuhan pelanggan untuk dapat terus internetan dimananpun mereka berada sangat tinggi. Aktivitas di platform digital sudah menjadi keseharian masyarakat, dan untuk itu, Telkomsel menaruh perhatian khusus terhadap kualitas layanan data yang diberikan kepada pelanggannya.

Perhatian itu diperlihatkan Telkomsel pada penambahan BTS barunya yang merupakan BTS broadband. Hal tersebut diharapkan bakalan mendukung berbagai aktivitas digital pelanggan selama melakukan perjalanan, diantaranya browsing untuk mencari informasi, social media, dan streaming berbagai konten video.

Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel melakukan uji jaringan di sejumlah jalur yang lazim digunakan menjadi jalur mudik saat Idul Fitri. Jalur itu meliputi jalur kereta api, jalur tol, jalur keberangkatan dan kedatangan pemudik yang menggunakan kapal laut maupun pesawat terbang.

“Secara total kami menempuh jarak sejauh kurang lebih 11.000 km di uji jaringan tahun ini. Di sisi lain dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE Telkomsel di hampir 500 ibukota kabupaten dengan sebaran lebih dari 11.000 BTS 4G, kami harap hal ini akan semakin menambah kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen spesial Ramadhan dan Lebaran,” jelas Bob.

Saat ini, Telkomsel melayani 170 juta pelanggan di seluruh Indonesia dengan 89 juta di antaranya merupakan pelanggan data. Secara total operator seluler terbesar di Indonesia ini telah memiliki 140 ribu BTS yang sebagian besarnya untuk melayani layanan data.

Baca juga :
Manjakan Konsumen, Telkomsel Bagi Gadget Hingga Mobil Mewah
Setelah Telkomsel, Hacker Isengi Indosat
#IndosatLemot, Kritik Lain Netizen pada Operator Mapan Nasional

 

loading...