Telkomsel Kelola Manajemen Listrik Korporasi Lewat IoT Envion

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel menghadirkan layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion), yaitu sebuah solusi berbasis artificial intelligence (AI) yang bermanfaat untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menuturkan, Telkomsel IoT Envion merupakan solusi digital masa depan terbaru bagi perusahaan yang memiliki ketergantungan akan pasokan listrik sebagai sumber energi. Telkomsel IoT Envion dilengkapi berbagai fitur yang secara otomatis dapat memantau konsumsi energi.

“Telkomsel IoT Envion dapat memberikan peringatan serta memiliki fungsi sistem mitigasi, sehingga konsumsi energi tetap dapat dioptimalkan oleh perusahaan apabila terjadi kerusakan pada genset atau cadangan baterai,” ujar Hendri Mulya Syam dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga:
Telkomsel Hadirkan Teknologi IoT Untuk Alfamart

Adapun fitur-fitur yang ditawarkan oleh IoT Envion diantaranya real-time monitoring, waktu operasional mesin, optimasi konsumsi energi, dashboard untuk monitoring, hinga AI.

Hendri menambahkan, teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi.

Untuk tahap awal, implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkom Infra dalam mengoptimalkan teknologi digital serta akses konektivitas dengan mendorong pemanfaatan energi yang tepat guna.

Dalam pemanfaatan solusi Telkomsel IoT Envion untuk operasional Telkominfra sendiri, Telkomsel menghadirkan battery monitoring system (BMS) untuk mendukung kebutuhan data center Telkomi Infra yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

Baca Juga:
PT KAI Pakai IoT Telkomsel untuk Pantau Genset di Kereta Pembangkit

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai data center Telkom Infra secara realtime hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

“Manfaat IoT Envion bagi Telkom Infra terutama untuk monitoring Data Center khususnya terkait energy dan power system monitoring,” tutur Bastian Sembiring, Direktur Utama Telkom Infra.

Terobosan ini sekaligus melengkapi portofolio Telkomsel IoT dalam mendorong otomasi yang menyeluruh di sektor industri secara berkelanjutan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories