Telkomsel Resmi Jadi Operator 5G Pertama Indonesia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel resmi menjadi penyelenggara telekomunikasi jaringan 5G pertama di Indonesia.

Ini lantaran telah mendapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (24/5/2021).

Telkomsel akan mulai menggelar layanan 5G secara komersial tanggal 27 Mei 2021 mendatang, namun penyelenggaraan masih dilangsungkan secara terbatas.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, “Kami akan memfokuskan enam area residensial di wilayah Jabotabek untuk penyelenggaraan jaringan 5G ini.”

“Adapun areanya mencakup Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera,” sambungnya.

Baca Juga:

Sah!!! Kominfo Beri Izin Telkomsel Gelar 5G


Lebih lanjut, ia menyebut kedepannya jaringan 5G yang ditawarkan Telkomsel pun akan terus meluas secara bertahap di beberapa kota di Indonesia.

Mulai dari Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

Terkait harga dan paket 5G yang ditawarkan, Setyanto masih malu-malu mengungkap. Ia mengaku masih terus menggodoknya.

Namun Ia menegaskan layanan yang diberikan akan jauh lebih baik dari 4G, harganya pun dikatakan akan lebih affordable.

“Tentu secara kualitas, speed, latency maupun secara kapasitas jauh lebih baik dibandingkan 4G dengan harga yang lebih affordable,” kata Setyanto.

“Jadi kalau misalnya harganya Rp 100 tetapi kapasitasnya 1.000, dibandingkan harganya Rp 50 tetapi kapasitasnya 10, murahan mana? Gambarannya seperti itu,” tambahnya.

Baca Juga:

Kominfo Perpanjang Tenggat Pendaftaran Platform Digital, Sampai Kapan?


Setyanto mengaku bahwa capaian Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar 5G di Indonesia merupakan sebuah amanah besar.

Ia berharap bisa terus memberikan layanan 5G secara lebih luas guna memajukan perekonomian digital Indonesia dan competitiveness Indonesia di mata dunia.

“Kami akan terus mengembangkan dan memperluas cakupannya, sehingga mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata Setyanto.

Untuk diketahui, gelaran 5G Telkomsel akan dilakukan pada pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 GHz, dengan lebar pita 30 MHz dalam rentang 2.300 MHz sampai dengan 2.330 MHz.

Spektrum frekuensi ini termasuk kategori middle band, berada di rentang spektrum frekuensi 1 sampai 6GHz, dan bisa dimanfaatkan untuk jaringan mobile broadband.

- Advertisement -

Latest News

Perbedaan 5G Indosat dan Telkomsel

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi mendapat Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk menggelar layanan 5G di Indonesia.

Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kental, Harga Terjangkau

Technologue.id, Jakarta - Selain smartphone, realme perlahan juga menambah jajaran produk aksesorinya, seperti headset dan True Wireless Stereo (TWS). Dan untuk pertengahan...

Laptop Gaming Razer Blade 14 Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Razer kembali meluncurkan laptop gaming terbaru. Kali ini adalah Razer Blade 14 yang hadir dengan desain tipis.

Infinix Note 10 Pro NFC Rilis, Harga Rp 2 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Infinix Note 10 Pro NFC resmi meluncur di Indonesia, Selasa (16/6/2021). Smartphone ini hadir dengan performa yang lebih gahar...

realme GT 5G Melenggang di Eropa, Ini Spesifikasi-nya

Technologue.id, Jakarta - realme GT 5G resmi meluncur secara global. Sesuai dengan namanya, smartphone ini hadir membawa dukungan jaringan generasi terbaru, 5G.

Related Stories