HomeInternetTeradata Ciptakan 4D Analytics Pertama Untuk Industri, Apa Kehebatannya?

Teradata Ciptakan 4D Analytics Pertama Untuk Industri, Apa Kehebatannya?

Technologue.id, Jakarta – Dari segi pemanfaatannya, Internet of Things (IoT) memiliki banyak peluang, baik untuk pengguna umum atau bisnis. Adopsi teknologi IoT akan menjadi tren adopsi global di tahun-tahun mendatang. Solusi IoT akan mampu memberikan wawasan yang berharga untuk mendukung transformasi digital dan dengan cepat menjadi keharusan di hampir semua sektor industri.

Berada di ambang ledakan besar aplikasi IoT, perangkat seperti connected car, lampu lalu lintas, jalan raya, hingga wearable device, akan menjadi pintar dan lebih bernilai seiring dengan disuguhkannya wawasan analitik baru kepada mereka. Perusahaan data dan analytics berbasis cloud, mengembangkan kemampuan 4D analytics pertama untuk industri. Fitur baru ini membawa manfaat bagi IoT computing diantaranya mendorong peningkatan luas yang berawal dari mengurangi lalu lintas dan efisiensi energi yang lebih besar, hingga peningkatan keamanan transportasi.

Baca juga:

Avast Luncurkan Smart Life, Perlindungan Khusus untuk Perangkat Internet of Things

Dengan platform analitik 4 dimensi ini, database di cloud bisa dianalisis secepat mungkin. 4D Analytics menggabungkan kapabilitas terutama data geospasial, temporal, dan time-series, sehingga membuat perangkat lebih pintar. Demikian penjelasan dari President Director Teradata Indonesia, Erwin Sukito.

Ia mencontohkan, salah satu industri yang memanfaatkan teknologi ini misalkan berasal dari sektor asuransi. Dengan digital, perusahaan bisa melihat atau menganalisa policyholder (calon pemohon asuransi) sehingga layanan perusahaan bakal tepat sasaran.

Baca juga:

Amankan Ekosistem IoT, Ini Peran Operator Telco Dalam Melindungi Smart Home

“Profiling pelanggan akan lebih cepat. Cara perusahaan scoring bukan pakai data lagi. Perusahaan bisa melihat time series,” ujar Erwin, saat mengumumkan Teradata 4D Analytics, hari ini (10/07/2018), di Jakarta. Bagi Anda yang belum familiar mendengar istilah ini, time series adalah sebuah rangkaian titik data yang dikumpulkan pada interval yang menunjukkan aktivitas dan perubahan pada waktu. Data time series ini sangat berguna bagi pengambil keputusan untuk memperkirakan kejadian di masa yang akan datang.

Baca juga:

Kejar IoT, Telkom Eksplorasi Tiga Teknologi Radio Akses

Selain untuk bisnis asuransi, 4D Analytics juga dapat digunakan di berbagai bidang seperti industri otomotif, salah satunya untuk keamanan transportasi. Teknologi ini akan mempelajari data sensor dari armada kendaraan dan menganalisis data dari masing-masing mobil untuk memahami perbedaan antara kecelakaan dan nyaris kecelakaan. Dengan begitu, membuat semua mobil menjadi lebih aman.

Sementara itu, teknologi ini juga sudah diadopsi di sektor pemerintahan, salah satunya di Direktorat Jenderal Pajak. Erwin menuturkan, 4D Analytics dimanfaatkan untuk tracking membayar pajak.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More