Technologue.id, Jakarta – Dalam beberapa waktu terakhir, seiring dengan mewabahnya virus Corona di berbagai negara, hoax mengenai virus dengan nama Novel Coronavirus (2019-nCoV) di Indonesia meningkat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat sebanyak 54 informasi hoaks yang tersebar melalui media sosial dan platform pesan instan.

Dalam Konferensi Pers mengenai Penanganan Hoaks Terkait Virus Corona di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo pada Senin (3/2/2020) Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengatakan bahwa hasil pantauan Tim AIS Kementerian Kominfo ada 54 informasi hoaks.

“Isinya beragam, mulai dari soal sumber penyebaran, ada kabar pasien di rumah sakit beberapa daerah terkena Virus Corona, hingga soal pencegahan dan penyembuhannya,” tutur Menkominfo¬†Johnny.

Baca Juga:
Bikin Mewek, Ayah Tak Bisa Gendong Balita Terpapar Virus Corona

Menteri Johnny mengungkapkan bahwa hasil monitoring lalu lintas percakapan media sosial terkait dengan virus Corona cenderung meningkat. Dalam tiga hari terakhir, terpantau ada 36 konten hoax terlah disebarkan dan angkanya meningkat dua kali lipat hari ini.

Dalam hal ini, Menteri Johnny menegaskan pihaknya telah melakukan pemblokiran konten hoaks terkait virus Corona dan akan mendorong penegak hukum untuk mengambil tindakan tegas. Menteri Johnny juga mengimbau agar masyarakat Indonesia melakukan check and recheck dalam menerima informasi.

Baca Juga:
Virus Corona Bikin Gim Ini Down!!!

Informasi terbaru per tanggal 1 Februari 2020 tercatat 11.953 kasus Virus Corona terkonfirmasi. Sebanyak 1821 kasus diantaranya dilaporkan dari Cina yang tersebar di 34 wilayah. Total kematian 259 kasus (CFR 2,2%) yang seluruhnya terjadi di China.