Technologue.id, Jakarta – Seperti janji Microsoft ketika pertama kali Windows 10 dirilis, sistem operasi tersebut tak cuma untuk desktop PC, laptop, smartphone, dan tablet, tetapi juga bisa beroperasi untuk seluruh platform. Dan kini, hal tersebut terbukti.

Mengutip dari NextPowerUp (19/07/17), sebuah produsen perangkat elektronik asal Irlandia, Johnson Controls baru saja memperkenalkan termostat yang menggunakan Windows 10. Namun sedikit berbeda dengan versi desktop dan mobile, sistem operasi tersebut diberinama Windows 10 IoT Core.

Bersamaan dengan sistem operasi tersebut, termostat yang bernama GLAS itu juga membawa asisten digital buatan Microsoft, Cortana. Dengan begitu, pengguna bisa memberikan perintah terhadap perangkat tersebut melalui suara.

Selain bisa berinteraksi melalui ucapan, berkat adanya modul layar sentuh, pengguna pun dapat menggunakan jemari untuk melakukan navigasi dan merubah konfigurasi.

Dengan berbagai sensor yang tertanam di dalamnya, serta sistem operasi yang sudah modern, GLAS bisa beroperasi dan mendeteksi keadaan sekitar secara otomatis. Contohnya, mengontrol suhu ruangan, mengecek kualitas udara, dan mengecek penggunaan energi listrik dalam suatu ruangan.

 

Baca juga:

Cari Kerja di LinkedIn Makin Mudah di Windows 10, Coba Deh!

Microsoft Bikin Perangkat Premium Berbasis Windows 10 Mobile?

Tutorial Men-download Film dari Netflix di Windows 10