Technologue.id, Jakarta – Walaupun sebagian masyarakat Indonesia mengaku masih memegang dan menjunjung tinggi adat ketimuran, ternyata online dating sudah menjadi bagian dari kehidupan orang sini. Sebagian pengguna smartphone Tanah Air barangkali telah mengenal Tinder, Paktor, Wavoo, dan Yogrt atau bahkan malah rutin menggunakannya.

SensorTower telah membuktikan betapa pengguna ponsel pintar Indonesia sudah punya motivasi untuk memakai aplikasi pencari pacar. Di samping Rusia, Brasil, dan China yang menjadi tiga negara top pengunduh dating app selama Q4 2016, SensorTower turut memasukkan Indonesia ke daftar 10 besar pemakai aplikasi tersebut.

Sebanyak 0,11 persen unduhan yang dilakukan melalui Apple App Store maupun Google Play Store selama Oktober hingga Desember 2017, ternyata adalah untuk men-download dating app terkenal. Alhasil, Indonesia duduk di peringkat ketujuh dunia, setara dengan Korea Selatan.


10 negara top pengguna aplikasi online dating (source: SensorTower)

Tak berhenti di sana, catatan SensorTower juga berisikan lima mobile app pemburu teman kencan yang paling disukai orang Indonesia. Selain Tinder, tentunya, empat aplikasi lainnya adalah Badoo, Skout, Hitwe, dan Jaumo.

Jika melihat deretan nama tersebut, cukup disayangkan kareana tidak ada aplikasi bikinan dalam negeri, seperti Yogrt. Aplikasi sosial berbasis lokasi itu sebenarnya juga punya kans untuk menjadi app terpopuler di kategorinya, karena selain memiliki fitur utama untuk menghubungkan tiap user-nya via chatting, Yogrt turut ditanami fitur game dan kuis.

Anda sendiri, pernahkah menggunakan aplikasi online dating? Apa aplikasi favorit Anda?

 

Baca juga:

Ideabox Danai Ratusan Juta Untuk Kembangkan Tiga Startup Lokal

Tahukah Anda, Siri Bisa Selesaikan 5 Pekerjaan Penting Ini?

Punya Fitur Mirip Snapchat, Pengguna B612 Makin Banyak