Technologue.id, Jakarta – Anda mungkin sudah sering mendengar betapa fenomenalnya Pokémon Go dalam beberapa pekan ini, mulai dari menjadi aplikasi terpopuler di iOS, diunduh lebih banyak dari aplikasi kencan, sampai berhasil mendorong orang untuk berjalan dan mengurangi berat badannya.

Di luar capaian itu, para trainer Pokémon Go sebenarnya tak 100 persen puas dengan game karya Niantic tersebut. Kesimpulan ini didapat setelah SensorTower menganalisis review Pokémon Go di App Store Amerika Serikat dan menemukan 10.657 permintaan penambahan fitur. Jumlah request itu setara dengan 13 persen dari total ulasan Pokémon Go yang ditulis oleh pengguna iPhone di AS.

Ternyata, banyak trainer memimpikan adanya fitur pertarungan dengan trainer lain. Inilah request yang paling banyak dikirimkan, disusul dengan akurasi GPS atau Maps yang lebih baik.

Menariknya, walau tak dominan, proporsi user yang meminta agar gameplay Pokémon Go lebih dimiripkan dengan game Pokémon sebelumnya juga ada, seperti mengadu Pokémon milik trainer dengan Pokémon liar. Di game Pokémon untuk Game Boy Advance, misalnya, bertarung dengan Pokémon liar sebelum ditangkap bisa membuat Pokémon tanpa pemilik tersebut jinak, sehingga memudahkan trainer untuk memasukkannya dalam Poké Ball. Sementara saat ini, trainer hanya bisa berharap Pokémon tidak kabur setelah dilempari Poké Ball. Makanya, tak heran ada trainer yang harus menghabiskan puluhan hingga ratusan Poké Ball demi menangkap seekor Pokémon saja.

Adapun request lain yang diharap kehadirannya di versi penyempurnaan Pokémon Go nanti, yakni Poké Stop dan gym yang lebih banyak (160 review), fitur bertukar Pokémon antar pemain (110 review), serta kustomisasi avatar yang lebih kaya (61 review). Hasil survei selengkapnya, tersaji di grafis berikut:

Fitur yang paling diidam-idamkan trainer Pokemon Go

 

 

Baca juga:

BUAT APA MENANGKAP SEMUA POKÉMON KALAU AKHIRNYA SEPERTI INI?

YUK CARI TAHU DI MANA POKÉMON LANGKA BERSEMBUNYI!

4 TIPS POKÉMON GO YANG MUNGKIN BELUM ANDA TAHU