Perusahaan Raksasa Ini yang Bajak Hugo Barra dari Xiaomi

Hugo Barra, eks VP Global Xiaomi (source: en.miui.com)

Technologue.id, Jakarta – Setelah beberapa waktu lalu menyampaikan perpisahannya dengan Xiaomi, Hugo Barra akhirnya mengungkap ke mana ia berlabuh. Eks Vice President International Xiaomi itu akan bergabung ke Facebook. Di keluarga besar perusahaan milik Mark Zuckerberg itu, Barra bakal menduduki posisi Vice President of Virtual Reality.

Adalah sang CEO Facebook sendiri yang mengumumkan hal ini pada khalayak melalui akun pribadinya. Dari penjelasan Zuck, Barra akan memimpin semua usaha dan inovasi Facebook di bidang virtual reality (VR), termasuk Oculus.

Hugo Barra bergabung ke Facebook (source: Facebook / Mark Zuckerberg)

Zuck seakan ingin menampik bahwa dirinya kepincut secara tiba-tiba kepada Barra dengan prestasinya. “Saya sudah mengenal Hugo sejak lama, tepatnya saat ia membantu mengembangkan sistem operasi Android hingga terakhir ia bekerja untuk Xiaomi di Beijing dengan membawa perangkat yang inovatif kepada jutaan orang.”

Peran anyar Barra ini juga dapat disebut vital. Sebab, Facebook saat ini terbilang sebagai salah satu pioner pemopuler VR kepada konsumen. Perkembangan pesat atau bahkan kemerosotan Facebook di bisnis yang juga dihuni oleh HTC, Google, hingga Sony dan Samsung ini praktis berada di pundak Barra.

Namun, Zuck optimistis pria keturunan Brasil itu bisa mengemban tugas tersebut, karena setidaknya, Barra punya visi yang sama dengannya, tepatnya tentang VR yang akan menjadi platform penting ke depannya.

“VR akan membantu kita merasakan hal-hal baru dan menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Hugo akan membantu kami membangun masa depan itu dan saya tak sabar bekerja sama dengannya,” tutup Zuck.

 

Baca juga:

Ditinggal Hugo Barra, Mampukah Xiaomi Bertahan di Bisnis Smartphone?

CEO Facebook Presiden Amerika Serikat Selanjutnya?

Bos Facebook Beli Startup Kemanusiaan, Bukan untuk Kenalan