Ternyata, #WorldEmojiDay Atau Hari Emoji Sedunia Sarat “Konspirasi” Apple!

0
19
The Emoji Movie (source TheVerge)

Technologue.id, Jakarta – Komunikasi berbasis digital yang sudah sangat lazim dewasa ini tak bisa lepas dari emoji. Kebetulan, hari ini ternyata adalah Hari Emoji Sedunia alias World Emoji Day.

Namun, tahukah Anda, ternyata event yang mulai diperingati sejak tahun 2014 itu sangat dipengaruhi oleh Apple selaku kreator iOS?

Sebagaimana perusahaan teknologi dan komunikasi lainnya, Apple pun membuat karakter emojinya sendiri, kendati masih berpedoman limitasi dan spesifikasi Unicode yang berlaku universal. Khusus untuk emoji kalender, perusahaan yang dibesarkan oleh Steve Jobs itu sengaja untuk menampilkan tanggal 17 Juli. Mengutip TheWashingtonPost, tanggal tersebut bertepatan dengan peluncuran aplikasi kalender iCal untuk Mac tahun 2002 silam.

Akhirnya, Jeremy Burge, founder Emojipedia.org, pun meresmikan Hari Emoji Sedunia berdasarkan tanggal tersebut. Emojipedia sendiri saat ini sudah menjelma menjadi situs rujukan bagi netizen yang penasaran tentang arti dari suatu emoji.

Menurut Emojipedia, terhitung mulai Juni 2017, sudah ada 2.666 emoji yang terdaftar dalam Unicode Standard. Daftar tersebut meliputi varian dari emoji yang sudah ada sebelumnya, termasuk gender dan warna kulit.

Yang menarik, tahun ini perayaan World Emoji Day bertepatan dengan rilisnya film The Emoji Movie. Seperti judulnya, film itu berkisah tentang emoji, tepatnya Gene. Ia adalah emoji multi-ekspresi yang tinggal di dalam sebuah ponsel. Film animasi 3D produksi Sony Pictures itu dijadwalkan tayang di bioskop mulai 28 Juli 2017.

Google Indonesia dan Samsung India mengucapkan Hari Emoji Sedunia (source: Twitter)

Walaupun Apple punya pengaruh yang sangat besar terhadap peringatan Hari Emoji Sedunia ini, faktanya 17 Juli sudah diakui secara internasional. Kompetitor mereka di industri teknologi informasi, seperti Google (yang diwakili Google Indonesia) dan Samsung (yang diwakili Samsung Mobile India), pun turut memperingati World Emoji Day pada 17 Juli.

Karena setahun sekali, rasanya tak ada salahnya jika hari ini Anda lebih sering chatting menggunakan emoji daripada teks. Setuju?

 

Baca juga:

Tahun Ini, Anda Bisa Melihat, Mengirim, dan Menerima ‘T-Rex’!

Video Call Via Facebook Messenger Kini Bisa Pakai Filter dan Topeng!

Cuma di Jakarta dan Sekitarnya! Instagram Beri Hadiah Spesial!

loading...