Technologue.id, Jakarta – Bug Global Positioning System (GPS) tengah menjangkiti pengguna iPhone lawas. Oleh sebab itu, Apple mengeluarkan pernyataan resmi yang berisikan imbauan segera update software terbaru sebelum 3 November.

Peringatan ini disampaikan di Apple Support dan ditujukan khusus bagi pengguna iPhone 5, iPad 4, dan model-model yang diperkenalkan sebelum 2012.

Baca Juga:
iPhone 6S dan 6S Plus Tak Bisa Hidup, Apple Berikan Servis Gratis

iPhone dan iPad tersebut disarankan untuk update ke iOS terbaru, iOS 9.3.6 atau iOS 10.3.4, bergantung pada dukungan yang diberikan Apple.

Tenggat waktu update yang diberikan hanya dua minggu saja. Sebab, mulai 3 November 2019 bug GPS akan mulai menyerang iOS.

“Sangat penting untuk memperbarui software perangkat Anda sebelum 3 November untuk memastikan GPS-nya, tanggal dan waktu terus berfungsi dengan baik,” bunyi keterangan Apple, dikutip dari The Sun (18/10/2019).

“Jika Anda tidak memperbarui iOS ke versi terbaru yang tersedia untuk perangkat Anda sebelum 3 November, beberapa model mungkin tidak dapat mempertahankan posisi GPS secara akurat.”

Bug GPS adalah peristiwa yang terjadi secara rutin. Peristiwa pertama terjadi pada 6 Januari 1980, diikuti pada 21 Agustus 1999, dan terakhir 6 April 2019.

Bug ini akan membuat sistem GPS salah dalam menghitung kalender, seperti tanggal dan waktu yang akurat. Tak hanya itu saja, bug ini juga menyebabkan masalah terhadap aplikasi tertentu.

Baca Juga:
Menebak Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2

GPS memiliki sistem penghitungan dari 0 hingga 1023, tetapi jika GPS menyentuh angka 1024 dan tidak segera diatur, maka akan terjadi ‘rollover’.

Rollover ini lah yang kemudian disebut bug karena mampu mempengaruhi GPS dalam menghitung ketepatan data. Padahal, GPS membutuhkan ketepatan data dan waktu dalam beroperasi.

Makin parahnya, pengguna juga mungkin tidak bisa menyinkronkan dengan iCloud dan email, akibat gangguan fungsionaitas ini.