Terpisah 40 Tahun, Farhiya Temukan Ayahnya Lewat Facebook

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Farhiya (44) akhirnya dipertemukan kembali dengan ayahnya berkat kekuatan media sosial. Selama hampir 40 tahun dirinya tidak pernah tahu keberadaan sang ayah hingga seorang pengguna Facebook memberitahukan informasi mengenai hal tersebut.

“Selamat! Kami menemukan ayahmu!” bunyi email di kotak masuk Farhiya, sebagaimana dikutip dari BBC (17/8/2020).

“Aku tidak percaya saat pertama kali mendapat kabar itu,” dia berkata. “Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Tapi aku selalu percaya bahwa momen ini suatu hari akan tiba.”

Baca Juga:
Viral Kisah Pasangan Menikah Setelah DM ‘Assalamualaikum Mbak’

Ketika dia tumbuh dewasa, Farhiya sering bertanya kepada ibunya seperti apa rupa ayahnya.

“Dia (Ibu) akan menyuruhku untuk bercermin,” kata Farhiya. “Kamu berbicara seperti dia, kamu berjalan seperti dia, kamu bahkan berdebat seperti dia,” jawab ibunya.

Sayangnya Ia hanya bermodalkan beberapa foto hitam putih, sehingga tidak banyak informasi mengenai ayahnya yang bisa digali. Farhiya lahir di Leningrad – sekarang St Petersburg – pada tahun 1976 dari seorang ibu Rusia dan ayah Somalia.

Siid Ahmed Sharif, nama ayahnya, merupakan salah satu dari banyak perwira muda Somalia yang diundang untuk belajar di Uni Soviet ketika Uni Soviet berusaha memperluas pengaruhnya di Afrika.

Sharif dan ibu Farhiya berencana untuk menikah, tetapi setahun setelah Farhiya lahir, Somalia berperang dengan tetangganya, Ethiopia – dan Kremlin berpihak pada Ethiopia.

Jadi segera Somalia mengusir penasihat Soviet dari negara itu dan semua siswa Somalia di Uni Soviet, termasuk ayah Farhiya, disuruh pulang.

“Ibu saya dan saya sedang mengunjungi nenek saya di Siberia Barat ketika kami pertama kali mendengar di radio tentang perang,” katanya.

“Saya ingat dia mengatakan kepada saya kemudian bahwa dia segera tahu apa artinya ini bagi keluarga kami, apa artinya ini bagi ayah saya.”

Baca Juga:
Kreatif! Di Tengah Wabah Corona Bocah Ini Wisuda Lewat Gim Minecraft

Sharif punya waktu 24 jam untuk mengemasi tasnya. Dengan orang yang dicintainya pergi, dia bahkan tidak bisa mengucapkan selamat tinggal tetapi dia meninggalkan catatan berisikan alamat orang tuanya di Mogadishu.

“Saya tahu dia tidak meninggalkan kami, atau menelantarkan kami,” kata Farhiya. “Dia meninggalkan kita hanya karena keadaan.”

Tetapi keadaan itu juga membuat mereka tidak mungkin untuk tetap berhubungan. Keluarga kecil itu terpisah selama hampir empat dekade.

Berbagai cara pun rela dilakoni oleh Farhiya agar bisa bertemu dengan ayahnya. Salah satunya lewat seorang pria muda Somalia bernama Deeq. Farhiya menulis pesan permintaan untuk mencari ayahnya di Facebook.

Pada 16 Maret dia memposting permohonan Farhiya di halaman Facebook-nya. Komentar pun segera mulai membanjiri postingan tersebut, dan salah satunya berasal dari netizen asal Norwegia.

“Itu saudari kita Farhiya,” bunyi itu.

Itu ditulis oleh salah satu saudara tiri Farhiya, tinggal di Oslo, dan ayahnya tinggal bersamanya saat itu.

Baca Juga:
Imbas Corona, Pasangan Pengantin Ini Gelar Pernikahan Lewat Game

Beberapa minggu kemudian, setelah beberapa kali panggilan Skype, Farhiya, ibunya, dan suami Farhiya pergi ke Norwegia untuk bertemu ayahnya.

“Dia persis seperti yang saya harapkan,” katanya. “Kami berjalan persis dengan cara yang sama. Kami berbicara dengan suara yang persis sama. Sungguh sulit dipercaya – kami berdua bersama setelah sekian lama!”

Saat ini Farhiya dan ibunya berbicara secara rutin dengan Sharif di Skype. Mereka mengatur janji untuk kembali bertemu di St Petersburg.

- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories