Thunderbolt 5 Suguhkan Kecepatan 80 Gbps!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kecepatan penerus Thunderbolt 4 mulai terungkap. “Rahasia” ini bocor ketika Gregory M Bryant, wakil presiden eksekutif dan manajer umum Intel’s Client Computing Group, berkunjung ke laboratorium Intel di Israel.

Bryant mengambil beberapa foto yang kemudian ia bagikan di Twitter. Sayangnya, salah satu foto tersebut mengungkapkan bagian dari slide yang biasanya harus dirahasiakan, karena berisi beberapa spesifikasi teknis Thunderbolt 5. Meski telah dihapus, namun warganet telah mengetahui dan menyimpan postingan tersebut.

Slide yang dibagikan oleh Anandtech (1/8/2021) mengatakan bahwa Intel bertujuan untuk “teknologi PHY 80G “, yang menyiratkan bahwa ini adalah koneksi 80 Gbps, yang merupakan dua kali lipat bandwidth konektor Thunderbolt 4 dan USB 4 saat ini.

Sebagai perbandingan, maksimal bandwith Thunderbolt 4 adalah 40 Gbps, memungkinkannya untuk mendukung hingga 2 layar resolusi 4K pada kecepatan refresh 60 Hz atau bahkan layar 8K pada 60 Hz. Peningkatan bandwith akan membawa dukungan untuk resolusi dan kecepatan refresh rate yang lebih tinggi.

Baca Juga:
Intel Luncurkan Rocket Lake-S, Prosesor Dekstop Intel Core Seri S Generasi ke-11 untuk Gamers dan PC Enthusiast

AnandTech menunjukkan bahwa salah satu informasi yang lebih menarik pada slide menunjukkan penggunaan “teknologi modulasi PAM-3 baru.” Yang akan menjadi cara baru untuk menyandikan data.

Dialah yang mengizinkan dan dihapus dari Thunderbolt 5 untuk menawarkan bandwidth dua kali lipat. USB 80G bertujuan untuk mendukung ekosistem USB-C yang ada. Artinya Thunderbolt 5 juga akan menggunakan koneksi USB-C .

Ketika membandingkan NRZ dengan PAM-3 dan PAM-4, kita dapat melihat kecepatan transfer data untuk PAM-3 berada di tengah-tengah NRZ dan PAM-4. Alasan mengapa PAM-3 digunakan dalam ujicoba ini adalah untuk mencapai bandwidth yang lebih tinggi tanpa batasan tambahan yang diperlukan saat mengaktifkan PAM-4.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggap perilisan resmi Thunderbolt 5.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories