Tiba-Tiba, Uber Jegal Keluarga Facebook Inc.

Ilustrasi Uber (source: Uber)

Technologue.id, Jakarta – Susah mengesampingkan betapa digdayanya ‘kerajaan’ aplikasi yang dibangun Facebook Inc. Memang masih ada Google, Microsoft, atau Tencent yang nun jauh di Tiongkok, tetapi Mark Zuckerberg cs dengan armadanya tetap saja terhitung sebagai nama besar.

Kalau tidak percaya, lihat saja betapa ramainya Instagram, WhatsApp, Messenger, atau aplikasi Facebook mobile itu sendiri dengan pengguna.

Menariknya, Uber pada kuartal ketiga 2016 ini secara mengejutkan berhasil melangkahi Facebook dan sekongkolnya, yaitu dari segi jumlah unduhan secara global di App Store. Versi SensorTower dalam Data Digest-nya pada Q3 2016, Uber menduduki posisi kedua sebagai aplikasi iOS terpopuler, tepat di bawah Pokémon Go.

Aplikasi terpopuler global di iOS Q3 2016 (source: SensorTower)
Aplikasi terpopuler global di iOS Q3 2016 (source: SensorTower)

Sebagai aplikasi non-game, Uber mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Messenger dengan jumlah download di atas 30 juta sepanjang Juli sampai September 2016. Pelonjakan itu dipantau SensorTower didorong oleh tingginya adopsi pengguna Uber di luar Amerika Serikat.
Sementara di Play Store, posisi Uber tak terlalu mencolok. Layanan ridesharing pimpinan Travis Kalanick itu cuma duduk di posisi ke-18.

 

Baca juga:

Uber Bikin Aturan Baru untuk Berantas Driver Hantu

Bawa Terobosan Dalam Baca Berita, Startup Ini Pikat VC Sebelum Launch

Seksinya startup Indonesia rangsang kelahiran Plug and Play Indonesia