Technologue.id, Jakarta – Maret lalu, Instagram sempat melempar rencana untuk mengubah timeline-nya, dari chronological order ke relevance order. Tujuannya ialah agar pengguna media sosial milik Facebook Inc. itu tidak kelewatan foto atau video yang sesuai dengan interest masing-masing.

Menariknya, beberapa hari kemudian, Instagram mengklarifikasi lewat Twitter kalau mereka belum berniat menerapkan fitur ini ke semua user. Kendati menurut klaim mereka, sekitar 400 juta pengguna aktifnya melewatkan 70 persen posting dari feed-nya sendiri.

Lucunya, awal bulan ini, Instagram mengumumkan secara resmi lewat blognya (9/6/16) bahwa rencana migrasi ke relevance order yang mirip dengan timeline Facebook itu akan diterapkan bulan depan secara global.

Alasannya, saat diuji coba ke segelintir penggunanya, ternyata user Instagram malah menyukai lebih banyak foto, menuangkan lebih banyak komentar, dan secara keseluruhan lebih engaging dengan pengguna serta konten yang ada.

Menurut Anda, apakah pergantian tipe timeline seperti ini dirasa perlu dan lebih bagus? Silakan tuangkan pendapat Anda di kolom komentar.