Tiongkok Dominasi Penjualan Smartphone 5G Dunia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Beragamnya merek dan varian smartphone asal Tiongkok membuatnya masih terus menguasai pangsa pasar bisnis terssebut di seluruh dunia. Bahkan, smartphone berbasis 5G yang sejatinya belum merata tersedia di seluruh kelas smartphone, sudah mulai dikuasai oleh mereka.

Mengutip dari GizChina (27/09/20), salah satu lembaga riset pasar, Counterpoint baru saja merilis data tentang gambaran pangsa pasar smartphone di kuartal kedua tahun 2020 kemarin. Hasilnya, pengiriman smartphone 5G berhasil meningkat menjadi 10 persen secara global.

Baca Juga:

Ponsel China Terinfeksi Malware, Peredarannya Hingga Indonesia

Dan dari seluruh smartphone yang laku terjual di kuartal kedua 2020, smartphone berbasis 5G menyumbang 20 persen dari total smartphone yang terjual secara global. Di saat yang bersamaan, Counterpoint juga mencatat bahwa Tiongkok memberikan kontribusi paling besar untuk smartphone berbasis 5G tersebut.

Jika dilihat lebih detail lagi, setidaknya smartphone Tiongkok menyumbang 72 persen dari total penghasilan smartphone 5G yang terjual secara global. Dan sejauh ini, smartphone 5G yang paling laris dari Tiongkok adalah Huawei.

Baca Juga:

Samsung Sebut Ponsel Berbahan Plastik Punya Sejumlah Keunggulan

Selain soal pasar smartphone 5G, Counterpoint juga menemukan bahwa harga smartphone umumnya semakin hari semakin meningkat, terlebih untuk lini smartphone flagship. Untuk smartphone asal Tiongkok, secara umum harga jual smartphonenya terjadi peningkatan 12 persen dari tahun ke tahun.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories