Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
TIP Lab Community Resmi Hadir di Indonesia, Dukung Program Making Indonesia 4.0
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Telecom Infra Project (TIP) dan Asosiasi Global System for Mobile Communications (GSMA) resmi mengumumkan program TIP Lab Community di Indonesia pada Rabu (22/7/2020). Program yang melibatkan Kemenkominfo, Universitas Telkom, serta segenap penyedia jaringan telekomunikasi Indonesia ini digelar guna mendukung program Making Indonesia 4.0.

Dalam konferensi yang digelar secara online, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail, menyambut baik program ini. Menurutnya, dengan program TIP Lab Community, Indonesia dapat berperan aktif dalam membangun konektivitas, ekosistem, dan infrastruktur jaringan.

Baca Juga:

2025, Pengguna 5G Diprediksi Berjumlah 2,8 Miliar Orang


"Kami menyambut baik program TIP Lab Community. Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan dapat mengambil porsi yang besar dalam rangka transformasi digital ini, bukan hanya semata-mata menjadi pasar saja," ujarnya.

TIP Lab Community sendiri disebut akan memajukan pertumbuhan digital dan ekonomi di Indonesia melalui pengujian teknologi jaringan yang terbuka dan terpilah. Hutchison 3 Indonesia, Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata akan memanfaatkannya untuk mengevaluasi dan mengadopsi solusi yang telah dikembangkan oleh Grup Proyek TIP, lalu memberikan hasilnya untuk pengembangan lebih lanjut.

Baca Juga:

Sektor-Sektor yang Alami Peningkatan Aktivitas Digital saat Pandemi Melanda

Selain itu, program ini juga akan memberikan validasi berdasarkan standar TIP, memajukan penyebaran ketersediaan solusi yang layak secara komersial, membangun talenta lokal, serta membina ekosistem telekomunikasi yang kuat dan beragam, termasuk untuk ekonomi startup.

Julian Gorman selaku Kepala APAC di GSMA menyebut kolaborasi ini sebagai langkah kunci dalam memajukan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terdepan di Asia Tenggara atau bahkan di dunia. Dimana TIP Lab Community akan memperkenalkan teknologi baru, gagasan baru, dan pelajaran yang didapat dari ekosistem lainnya.

SHARE:

Menantikan Sepak Terjang Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru Honda Prospect Motor

Daftar Perangkat Samsung yang Bisa Cicipi Galaxy AI