Tips: 5 Langkah Gunakan Samsung Gear 360

Samsung Gear 360 (Irfan/Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Populernya tren kamera 360, dapat menciptakan cakupan gambar seluas 360 derajat, sehingga Samsung Electronics menciptakan perangkat kamera yang bernama Samsung Gear 360.

Berbeda dengan desain perangkat kamera 360 yakni Ricoh Theta S dan LG Cam 360 yang mengusung desain berbentuk seperti remot. Namun, jika Samsung Gear 360 mengadopsi desain unik yang berbentuk bola berukuran seperti bola golf.

Selepas informasi tersebut, bila pengguna sudah memiliki Samsung Gear 360, redaksi ingin mencoba memberikan 5 tips langkah guna menghasilkan foto atau video 360 derajat pada Samsung Gear 360 agar lebih baik dan maksimal, berikut 5 langkahnya dibawah ini.

1. Gunakan tripod untuk mencakup hasil lebih luas
Pada paket pembelian Samsung Gear 360, Samsung menyediakan tripod mini yang hanya memiliki panjang sekitar beberapa inci saja. Maka untuk mencakup gambar yang lebih baik, pengguna diharuskan menggunakan tripod yang lebih tinggi. Terutama tripod yang memiliki ulir dalam ukuran 1/4 inci untuk bisa digunakan pada Samsung Gear 360.

2. Hindari foto objek secara dekat / sesuaikan kondisi pencahayaan
Samsung Gear 360 membenamkan dual kamera 15 megapiksel, bila mengambil gambar dalam mode 360 derajat. Hindari foto objek secara dekat, karena untuk menghindari hasil foto yang kurang sempurna karena proses stitching/jahitan akan terlihat. Bila objek dekat, maka akan terlihat foto jelas terbagi dua dan kurang sempurna.

Selain itu, sesuaikan kondisi pencahayaan saat mengambil gambar atau video 360. Contohnya bila Anda berada didalam ruangan, kondisi kamera depan terkena cahaya langsung ke matahari dan kamera belakang berada dalam kondisi kurang cahaya. Maka gambar 360 yang dihasilkan akan terlihat cacat kecil berupa garis lurus yang disebabkan pada proses penjahitan.

Solusinya, lebih baik pengguna saat melakukan video atau foto 360 sesuaikan kondisi pencahayaan yang sama saat kamera depan dan belakang perangkat menangkap gambar. Bertujuan untuk menghindari dari proses stitching/jahitan.

3. Menonton video 360 Anda menggunakan headset VR
Tentu bila menayangkan video atau foto dengan layar smartphone biasa atau layar monitor masih kurang greget. Nah, maka dari itu pengguna lebih baik jika menontonnya menggunakan headset Virtual Reality (VR). Samsung menyediakan perangkat headset VR yang bernama Samsung Gear VR, pengguna bisa menerapkannya dari hasil rekaman video 360 Anda dan menikmatinya melalui headset VR menjadi semakin menyenangkan.

4. Gunakan fitur time lapse
Fitur yang dihadirkan oleh Samsung Gear 360 adanya mode timelapse yang rugi bila tidak di coba. Pada mode ini pengguna bisa mengatur jeda waktu mulai dari 0,5 detik sampai 10 detik, lalu prosesnya disatukan menjadi video yang seperti stop motion. Disini Anda bisa berkreasi untuk menciptakan video 360 yang kreatif.

5. Simpan rapih isi box Samsung Gear 360, kenapa?
Jika Anda membeli Samsung Gear 360, didalam box tidak hanya tersedia tripod mini, buku garansi, strap, kantung kamera, dan kabel usb. Melainkan didalamnya tersedia juga selembar kertas kecil yang tercatat isi ‘product key’.

Karena product key tersebut untuk mengaktifkan software Gear 360 ActionDirector bawaan dari Samsung untuk mengedit hasil video atau foto 360 Anda dengan mudah melalui PC. Tanpa product key tersebut, software ActionDirector tidak akan bisa dibuka.

Nah, itulah 5 tips langkah gunakan Samsung Gear 360 Anda agar memaksimalkan hasil kreasi video atau foto 360 derajat Anda. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Review: Samsung Gear 360

Review: Samsung Galaxy On7

Tips: Cara Matikan Fitur Update Windows 10