Tips Agar Charger Smartphone Tidak Cepat Rusak

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pasti pernah kan mendapati charger smartphone kalian rusak. Lebih ngeselin lagi kalau itu terjadi berulang kali. Habis beli, gak lama rusak lagi, beli lagi, rusak lagi. Ngeselin!


Nah itu sebenarnya bukan semata-mata karena kalian beli charger yang murahan loh, tapi juga karena cara perawatannya yang kurang maksimal dan penggunaannya yang salah.

Baca Juga:

Cara Pakai Dua Akun WA di Satu HP


Sebagai barang elektronik, charger smartphone tentu butuh perlakuan khusus dan juga perhatian yang lebih. Berikut tips sederhana agar charger smarphone kalian tidak cepat rusak:


Gulung kabel dengan rapi
Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah saat menggulung kabel. Pastikan gulungan melingkar secara rapi tanpa adanya tekukan tajam. Ini akan menghindari bagian dalam kabel dari kerusakan.


Hindari penggunaan smartphone saat dicharge
Penggunaan smartphone saat dicharge nyatanya bisa merusak charger kalian loh. Kenapa? Karena secara tak sadar kalian bakal menarik kabel charger kalian, yang lama kelamaan tentu bisa membuat kabel charger putus. Jadi sebelum digunakan, sebaiknya tunggu baterai terisi dahulu.

Baca Juga:

Cara Download Kartu Sertifikat Vaksin Covid-19


Lepaskan charger dari stop kontak
Saat sudah selesai digunakan, pastikan charger tidak terhubung lagi dengan stop kontak. Karena jika dibiarkan, charger akan terus menerus dialiri listrik dan mengalami kelebihan muatan hingga membuatnya rusak bahkan terbakar.


Simpan charger di tempat aman
Saat kalian tidak lagi menggunakan charger, biasakan untuk menyimpan di tempat yang aman. Salah satunya bisa dengan memasukkannya ke dalam laci. Ini akan menghindari charger dari kerusakan seperti dari gigitan tikus dan lainnya

- Advertisement -

Latest News

Related Stories