Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tips Aman Mengisi Daya Baterai Smartphone Agar Tak Cepat Rusak
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Di era digital saat ini, ponsel pintar sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari komunikasi hingga hiburan, orang-orang sangat bergantung pada perangkat ini.

Namun, salah satu aspek yang sering diabaikan adalah keamanan pengisian daya ponsel cerdas. Mengisi daya ponsel cerdas mungkin tampak sederhana, tapi, ada pertimbangan keselamatan penting yang perlu diingat untuk mencegah kecelakaan dan memastikan perangkat tahan lama.

Baca Juga:
Mengetahui Pola Serangan Pengisian Kredensial dan Cara Mencegahnya

Berikut adalah beberapa tips aman bagaimana pengguna ponsel pintar dapat mengisi daya ponselnya yang dikutip dari Gizchina, Senin (20/5/2024):

  1. Gunakan Pengisi Daya dan Kabel yang Tepat
    Salah satu aspek terpenting dalam pengisian daya smartphone yang aman adalah menggunakan pengisi daya dan kabel yang tepat. Disarankan untuk menggunakan pengisi daya dan kabel yang disertakan dengan smartphone atau pengisi daya pihak ketiga yang memiliki reputasi baik dan kompatibel dengan perangkat.

Menggunakan pengisi daya yang murah atau palsu dapat menimbulkan risiko keselamatan yang serius karena pengisi daya tersebut mungkin tidak memenuhi standar keselamatan dan berpotensi merusak ponsel atau menyebabkan kebakaran.

  1. Hindari Mengisi Daya Secara Berlebihan
    Mengisi daya ponsel cerdas secara berlebihan dapat menyebabkan panas berlebih, yang dapat merusak baterai dan membahayakan keselamatan. Untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan, disarankan untuk mencabut ponsel setelah kapasitas baterai mencapai 100%.

Beberapa ponsel cerdas memiliki fitur bawaan yang membantu mencegah pengisian daya berlebih dengan memutus daya setelah baterai terisi penuh.

  1. Jaga Ponsel Anda Tetap Dingin
    Panas adalah salah satu musuh terbesar baterai smartphone. Panas yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai dan bahkan menyebabkan baterai membengkak atau terbakar.

    Agar ponsel tetap dingin saat mengisi daya, hindari meletakkannya di permukaan lembut seperti tempat tidur atau sofa yang dapat memerangkap panas. Sebaliknya, letakkan di permukaan yang keras dan rata sehingga udara dapat bersirkulasi dengan bebas.
  2. Hindari Mengisi Daya di Bawah Bantal atau Selimut
    Mengisi daya ponsel cerdas di bawah bantal atau selimut adalah hal yang umum dilakukan, terutama di malam hari. Namun, hal ini bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan panas berlebih dan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Penting untuk memastikan ponsel memiliki ventilasi yang baik saat mengisi daya dan tidak tertutup oleh bahan apa pun yang dapat memerangkap panas.

Baca Juga:
Tips Mengatasi Layar Hitam pada Komputer Secara Mandiri

  1. Cabut Kabel Saat Badai Petir
    Saat terjadi badai petir, disarankan untuk mencabut ponsel cerdas dari pengisi daya untuk menghindari kerusakan akibat lonjakan listrik atau sambaran petir. Petir dapat merambat melalui kabel listrik dan merusak ponsel, jadi, lebih baik berhati-hati daripada menyesal dan memutuskan sambungan perangkat saat terjadi badai.
  2. Hindari Menggunakan Tangan Basah
    Air dan listrik tidak tercampur dengan baik, jadi hindari mengisi daya ponsel cerdas dengan tangan basah. Kelembapan dapat merusak port pengisian daya dan menimbulkan risiko sengatan listrik. Pastikan tangan kering sebelum mencolokkan atau mencabut ponsel dari pengisi daya.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya