Technologue.id, Jakarta – Nama Susan Wojcicki mungkin belum sepopuler Mark Zuckerberg atau Bill Gates di Indonesia. Akan tetapi, wanita yang menjabat sebagai CEO YouTube itu telah mencatatkan sepak terjang yang apik. Beberapa di antaranya masuk ke daftar 100 Most Influential People in 2015 versi Time Magazine hingga diganjar titel sebagai wanita paling berpengaruh di dunia maya juga dari Time.

Dengan capaian secemerlang itu, apa sebenarnya rahasia dari Susan?

Wanita yang begitu berjasa di awal berdirinya Google ini pun punya hidup yang tak jauh berbeda dengan Anda. Bersama suaminya yang juga orang dalam Google, Susan adalah ibu dari lima orang anak.

Namun di tengah kesibukan ia dan pasangannya, Susan berusaha memisahkan urusan bisnis dan keluarga. “Kami punya aturan untuk tidak mengecek email antara pukul 18.00 sampai 21.00,” begitu kata wanita berambut pirang tersebut.

Tak cuma itu, Susan juga menyarankan untuk menikmati tiap waktu yang dihabiskan bersama keluarga atau orang terdekat. Menurutnya, aktivitas ini bisa menyegarkan pikirannya, sehingga solusi dan inovasi brilian mudah datang.

“Sukses tak diukur dari berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk bekerja. Kalau Anda bekerja setiap hari, Anda tak akan bisa mendapat ide-ide segar,” pesannya, seperti dikutip dari BusinessInsider (23/6/16).