Tips Bikin Iklan di Facebook Makin Efektif

- Advertisement -

Beriklan di Facebook adalah cara penting untuk terhubung dengan pelanggan Anda di jaringan sosial terbesar di dunia. Namun algoritme Facebook yang selalu berubah dapat menjadi tantangan untuk terhubung secara organik dengan pengguna.

Meski begitu, fitur penargetan mikro Facebook memungkinkan Anda menjangkau audiens target yang tepat. Artinya, iklan di Facebook dapat menyampaikan pesan Anda langsung kepada orang-orang yang kemungkinan besar menginginkan produk atau layanan Anda.

Kondisi ini bagus untuk anggaran, rasio konversi, dan laba atas investasi. Anda hanya membayar untuk menjangkau pelanggan potensial yang paling berharga.

Berikut tips untuk membuat iklan di Facebook yang tepat sasaran yang dihimpun dari situs resmi Facebook:

  1. Pilih tujuan Anda
    Masuk ke Pengelola Iklan Facebook dan pilih “Kampanye”, lalu klik “Buat” untuk memulai kampanye iklan Facebook baru.

Facebook menawarkan 11 tujuan pemasaran berdasarkan apa yang Anda ingin iklan Anda capai. Berikut ini cara mereka menyelaraskan dengan tujuan bisnis:

  • Kesadaran merek: Perkenalkan merek Anda ke audiens baru.
  • Jangkauan: Tampilkan iklan Anda kepada sebanyak mungkin orang di audiens Anda.
  • Lalu lintas: Arahkan lalu lintas ke halaman web, aplikasi, atau percakapan Facebook Messenger tertentu.
  • Keterlibatan: Jangkau audiens yang luas untuk meningkatkan jumlah keterlibatan pos.
  • Suka Halaman, meningkatkan kehadiran di acara Anda, atau mendorong orang untuk mengklaim penawaran khusus.
  • Pemasangan aplikasi: Dorong orang untuk memasang aplikasi Anda.
  • Penayangan video: Dapatkan lebih banyak orang untuk menonton video Anda.
  • Pembuatan prospek: Dapatkan prospek baru ke saluran penjualan Anda.
  • Pesan: Dorong orang untuk menghubungi bisnis Anda menggunakan Facebook Messenger.
  • Konversi: Dorong orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs web Anda (seperti berlangganan daftar Anda atau membeli produk Anda), dengan aplikasi Anda, atau di Facebook Messenger.
  • Penjualan katalog: Hubungkan iklan Facebook Anda ke katalog produk untuk menampilkan iklan produk yang kemungkinan besar ingin mereka beli.
  • Lalu lintas toko: Arahkan pelanggan terdekat ke toko fisik.

Pilih tujuan kampanye berdasarkan tujuan Anda untuk iklan khusus ini. Perhatikan tujuan berorientasi konversi (seperti penjualan), Anda dapat membayar per tindakan, tetapi untuk tujuan keterpaparan (seperti lalu lintas dan tampilan) Anda bisa membayar per tayangan.

2. Beri nama iklan Anda
Gulir ke bawah untuk memberi nama kampanye iklan Facebook Anda. Anda juga akan memilih apakah akan mengaktifkan pengoptimalan anggaran. Opsi ini dapat berguna jika Anda menggunakan beberapa set iklan, tetapi untuk saat ini Anda dapat membiarkannya nonaktif.

Untuk tujuan Keterlibatan, Anda juga akan memilih apakah akan fokus pada keterlibatan pos, suka laman, atau tanggapan acara. Untuk contoh ini, kami akan memilih Suka halaman.

3. Siapkan akun iklan Anda
Jika Anda sudah menyiapkan akun, Anda diminta untuk langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.

Namun jika Anda baru mengenal periklanan Facebook, Anda akan melihat tombol yang bertuliskan “Siapkan Akun Iklan”. Anda akan diminta memasukkan beberapa detail penting untuk membuat akun iklan Anda, misalnya negara, mata uang pilihan, dan zona waktu, lalu klik Lanjutkan.Targetkan audiens Anda. Di bagian atas layar ini, Anda akan memberi nama kampanye iklan Facebook Anda. Lalu, pilih Halaman mana yang akan dipromosikan.

Sekarang saatnya untuk penargetan mendetail. Ingat: Penargetan yang efektif adalah kunci untuk memaksimalkan ROI. Anda memiliki dua bagian yang bisa dipilih untuk membuat audiens secara spesifik:

  • Penargetan terperinci: Gunakan bidang ini untuk secara khusus menyertakan atau mengecualikan orang berdasarkan demografi, minat, dan perilaku. Anda bisa sangat spesifik di sini. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menargetkan orang-orang yang tertarik dengan meditasi dan yoga, tetapi mengecualikan orang-orang yang tertarik dengan sexy yoga.
  • Koneksi: Anda dapat menargetkan atau mengecualikan orang-orang yang memiliki koneksi ke Halaman Facebook Anda, aplikasi Anda, atau acara yang Anda kelola. Misalnya, jika Anda ingin menjangkau audiens baru, Anda akan memilih “Kecualikan orang yang menyukai Halaman Anda”. Jika Anda ingin mempromosikan penawaran atau produk baru kepada penggemar yang ada, pilih “Orang yang menyukai Halaman Anda” untuk menjangkau orang-orang yang sudah mengetahui merek Anda. Anda juga dapat memilih untuk menargetkan teman dari orang-orang yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan merek Anda.
  1. Pilih penempatan iklan Facebook Anda
    Gulir ke bawah untuk memilih di mana iklan Anda akan muncul. Jika Anda baru mengenal periklanan Facebook, pilihan paling sederhana adalah menggunakan Penempatan Otomatis. Saat Anda memilih opsi ini, Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan Anda di Facebook, Instagram, Messenger, dan Jaringan Audiens mereka untuk mendapatkan hasil terbaik.

Setelah Anda memiliki lebih banyak pengalaman, Anda mungkin ingin menempatkan iklan Facebook Anda di lokasi tertentu. Anda memiliki opsi berikut:

  • Jenis perangkat: Seluler, desktop, atau keduanya.
  • Platform: Facebook, Instagram, Audience Network, atau Messenger.
  • Penempatan: Feed, Stories, in-stream (untuk video), pesan, dalam artikel, serta aplikasi dan situs (di luar Facebook).
  • Perangkat seluler dan sistem operasi tertentu: iOS, Android, ponsel menengah, atau semua perangkat.
  1. Tetapkan anggaran dan jadwal Anda
    Selanjutnya, Anda memutuskan berapa banyak uang yang ingin dikeluarkan untuk kampanye iklan Facebook. Anda dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup, kemudian menetapkan tanggal mulai dan akhir jika ingin menjadwalkan iklan di masa mendatang, atau memilih untuk langsung menayangkannya.

Anda juga dapat menambahkan biaya opsional dan kontrol tawaran, yang akan membatasi jumlah per tindakan daripada keseluruhan kampanye Anda. Ingatlah bahwa menjalankan iklan berbayar Facebook harus sesuai jadwal.

  1. Buat iklan Anda
    Pertama pilih format iklan Anda, lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan Anda. Format yang tersedia akan bervariasi berdasarkan pada tujuan kampanye yang Anda pilih pada awal proses ini.
- Advertisement -

Latest News

Related Stories