Tips: Cara Ampuh Rekam Permainan di Android dengan Mudah

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Bagi para maniak gamer pasti sudah tahu dong ketika YouTuber ternama atau teman Anda di sosial media contohnya, gemar bermain game dan pasti mereka selalu share hasil rekaman video yang sudah dimainkan.

Khusus di PC membutuhkan perangkat seperti webcam dan earphone untuk melakukan perekaman secara live sambil memainkan game tersebut. Namun, bila Anda ingin melakukan rekaman hasil permainan Anda di game mobile khususnya smartphone, Anda tidak perlu repot menambah perangkat lain, cukup membutuhkan kamera dan mikrofon bawaan dari smartphone dan aplikasi saja.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana cara melakukannya, cukup ikuti langkah dibawah ini terutama dibutuhkan aplikasi bawaan dari Google dan bisa juga menggunakan aplikasi lain yang ada di Google Playstore. Berikut langkah cara rekam permainan di Android.

Gunakan aplikasi Google Play Games

1. Pasti kalian di setiap perangkat Android-nya memiliki Google Play Games bukan? Jangan lupa perbaharui Aplikasi Google tersebut ke versi yang paling terbaru.

whatsapp-image-2016-12-01-at-9-12-24-am

2. Jika Anda sudah membuka aplikasi Google Play Games, maka akan terbuka berbagai games yang sudah Anda mainkan.

whatsapp-image-2016-12-01-at-8-00-20-am-2

3. Cari game kesukaan Anda yang sudah terpasang. Kemudian, terbuka ada hasil perolehan pencapaian Anda selama bermain games ini. Bila Anda perhatikan terdapat logo lingkaran dengan titik warna merah, tekan logo rekam video yang ada di atas.

whatsapp-image-2016-12-01-at-8-00-20-am-3

4. Maka akan muncul pertanyaan pilihan kualitas rekaman yang mau Anda simpan. Tersedia kualitas 720p HD dan 480p SD, lalu tekan next.

whatsapp-image-2016-12-01-at-8-00-20-am-3

5. Selanjutnya, secara otomatis game akan terbuka dan terdapat layar yang menampilkan preview video dari rekaman kamera depan smartphone, tombol mikrofon, tombol video, dan tombol untuk merekam video serta gameplay.

whatsapp-image-2016-12-01-at-8-00-20-am

Kemudian hasil video gameplay permainan Anda secara otomatis tersimpan di media galeri smartphone Anda. Selain menggunakan Google Play Games untuk merekam aktivitas Anda ketika bermain game, pengguna juga bisa melakukannya menggunakan aplikasi yang berbeda tanpa memerlukan rooting pada ponsel Anda, berikut aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi Az Screen Recorder – No Root

Aplikasi ini populer bagi pengguna Android. Sebab, menggunakan aplikasi ini sangat mudah, Anda bisa berkreasi mengatur sesuai keinginan. Terlebih aplikasi ini bisa digunakan tanpa perlu proses rooting pada ponsel Anda. Menyajikan menu seperti widget ketika ingin melakukan perekaman layar video game Anda.

Rec. (Screen Recorder)

Aplikasi yang sama populernya seperti Google Play Games dan Az Screen Recorder. Memberikan kemudahan ketika merekam layar pada ponsel Android Anda, tetapi dengan catatan bagi pengguna yang masih menggunakan smartphone berbasis Android 4.4 KitKat, pengguna diharuskan melakukan rooting pada ponsel Anda. Berbeda bila OS Android 5.0 keatas, pengguna tanpa harus melakukan rooting.

Berikut itulah langkah melakukan perekaman layar video di ponsel yang berbasis Android dan aplikasi serupa seperti Google Play Games yang bisa Anda coba, karena aplikasi tersebut dapat di unduh secara gratis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga:

Ramai-Ramai Turun ke Jalan, Supir Uber Minta Komisi Dinaikkan

BlackBerry Juga Terjun ke Industri Self-Driving Car, Sebagai Apa?

Cara Baru Galeri Indosat Ooredoo Manjakan Pelanggan

- Advertisement -

Latest News

Related Stories