Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tips Hemat Baterai Saat Perjalanan Mudik Lebaran
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Mudik menjadi momen yang paling dinanti menjelang lebaran. Ada banyak hal yang dipersiapakan, salah satunya mengisi daya smartphone. Pasalnya, ketahanan baterai gawai ini masih kerap menimbulkan permasalahan bagi banyak orang.

Namun bagi Anda yang berencana mudik, jangan khawatir smartphone akan tetap bisa digunakan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai smartphone selama perjalanan.

  • Hentikan Aplikasi yang Paling Boros Baterai

Smartphone biasanya dibekali dengan sejumlah aplikasi, mulai dari aplikasi bawaan dari sistem maupun pengguna sendiri yang memasang atau install. Aplikasi tersebut ternyata bisa menyedot baterai jika digunakan secara terus menerus.

  • Turunkan Level Brightness Smartphone

Tingkat kecerahan layar smartphone juga bisa menguras kapasitas baterai. Maka dari itu, pastikan tingkatan yang ada pada brightness level smartphone Anda berada pada level terendah atau dalam kondisi gelap. Anda juga bisa mengaktifkan fitur "otomatis" agar tidak perlu melakukannya secara manual.

Baca Juga:
Cara Daftar Online Mudik Gratis Telkom Group

  • Nonaktifkan Fitur Lokasi Jika Tidak Diperlukan

Mirip seperti brightness smartphone, fitur lokasi juga bisa mengurangi kapasitas baterai ponsel. Jika sedang tidak memerlukan fitur lokasi, ada baiknya untuk dimatikan untuk menghemat daya baterai smartphone Anda.

  • Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Penggunaan notifikasi bisa menguras baterai jika pengguna tidak bisa mengontrol aplikasi mana saja yang bisa mengantarkan informasi melalui notifikasi. Oleh karena itu, matikan beberapa notifikasi untuk aplikasi yang menurut pengguna tidak dibutuhkan.

  • Mematikan Fitur Automatic Sync

Fitur automatic sync biasanya bermanfaat untuk mengecek apakah ada informasi terbaru dari aplikasi yang terpasang oleh pengguna, misalny untuk mengecek email secara berkala atau notifikasi dari aplikasi jejaring sosial. Akan tetapi, pengecekan secara berkala ini memang menguras baterai.

Baca Juga:
Cara Daftar Online Angkutan Mudik Motor Gratis dari KAI

  • Gunakan Fitur Power Saving

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang agar hemat dalam menggunakan baterai.

  • Aktifkan Airplane Mode dan Manfaatkan Wi-Fi

Airplane Mode atau mode pesawat merupakan alternatif terakhir dari cara menghemat baterai yang bisa pengguna lakukan. Dengan memanfaatkan mode ini, smartphone Anda sedang beristirahat dan terputus sementara dengan berbagai konektivitas seperti sinyal.

Selain itu, jika Anda membutuhkan internet, manfaatkan Wi-Fi yang ada di sekitar sehingga daya yang digunakan menjadi lebih hemat daripada jaringan seluler biasa.

SHARE:

Saingi Apple Watch, Samsung Tingkatkan Kemampuan Baterai Galaxy Watch X

WhatsApp Perpanjang Durasi Posting Voice Note di Status