Tips Membeli Smartphone Murah Tapi Gak Murahan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta РSmartphone entry-level atau low end selama ini dikenal sebagai kelas smartphone dengan harga yang bersahabat.

Mereka hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti browsing, chatting, scrolling media sosial dan aktivitas ringan lainnya. Untuk itu, biasanya smartphone kelas entry-level memiliki spesifikasi yang tidak menonjol. 

Kendati demikian, saat ini pasar smartphone entry-level sudah berlomba-lomba untuk memberikan spesifikasi mumpuni dengan harga yang tetap sesuai kantong pengguna.

Muncul satu pertanyaan, adakah brand smartphone di pasar ini yang bisa memberikan fitur berkelas untuk para pengguna dengan budget terbatas?

Bagi pecinta smartphone terjangkau yang tetap ingin memiliki fitur berkualitas, berikut adalah beberapa tips mencarinya. 

Kualitas Kamera

Smartphone kelas entry-level jarang dipilih para pecinta fotografi atau pembuat konten di media sosial. Salah satu alasannya adalah resolusi kamera yang terbatas pada 13MP yang memengaruhi detail dan ketajaman hasil akhirnya.

Hal ini menyebabkan kamera tidak maksimal dalam mengambil gambar untuk foto maupun video.

Selain itu, efek filter tambahan yang ditawarkan juga terbatas, menyebabkan pengguna tidak keleluasaan dalam mempercantik fotonya.

Sebaiknya pengguna memperhatikan resolusi kamera yang lebih tinggi agar menangkap momen lebih jernih serta fitur bawaan yang memfasilitasi kreativitas mereka. 

Layar Jernih, Resolusi Tinggi

Layar display yang disematkan pada smartphone low-end saat ini bisa dibilang sudah termasuk cukup untuk kelasnya dimana rata-rata sudah beresolusi HD+. Namun terkadang, hal itu kurang cukup karena membuatnya kurang nyaman untuk dipakai menikmati konten hiburan seperti dari layanan streaming.

Untuk pengguna yang ingin memaksimalkan dalam menikmati konten multimedia, seharusnya smartphone yang sudah memiliki layar FHD+ menjadi standar baru. 

Baterai dan Fitur Fast Charging

Baterai menjadi faktor yang penting dalam memilih smartphone. Dengan kapasitas yang besar, pengguna dapat melakukan aktivitas sepanjang hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya pada smartphonenya. 

Dalam hal ini, kapasitas baterai 5.000 mAh merupakan tolok ukur minimal paling tepat untuk mendukung aktivitas pengguna, apalagi jika disematkan kemampuan fast charging yang semakin memberikan efisiensi waktu dalam pengisian baterai. 

Desain

Dari segi desain, pasar smartphone kelas ini juga memiliki variasi pada modelnya. Selera dalam desain smartphone pun memang subjektif tergantung karakteristik pengguna masing-masing.

Namun, desain body yang elegan dan premium tentu akan lebih mencuri perhatian sehingga kesan smartphone entry-level terasa lebih berkelas.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories