Technologue.id, ┬áJakarta – Tentu Anda menyadari, ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan dengan internet, mulai dari mengunduh file, mengunggah video, sampai melakukan video streaming. Nah, kira-kira, mampukah koneksi internet yang Anda miliki sekarang mengakomodasi kebutuhan tersebut?

Cara mencari tahunya mudah saja. Gunakanlah tool pengetes koneksi yang banyak beredar, contohnya milik SourceForge ini.

Pertama, bukalah laman Source Forge Internet Speed Test Tool, kemudian klik ‘Test Now’. Sebelum pegecekan koneksi dimulai, pastikan tidak ada yang menggunakan koneksi Anda agar pengecekan maksimal. Tes ini membutuhkan waktu beberapa menit hingga selesai.

Begitu tes koneksi selesai, Anda akan mendapat pemaparan dalam empat kategori berbeda, yakni ping, kecepatan download, kecepatan upload, dan paket data yang hilang. Tak hanya itu, SourceForge juga bisa merekomendasikan layanan yang sekiranya cocok dan tidak untuk koneksi Anda sekarang. Anda juga bisa mendalami lagi pemaparan ini dengan mengklik tombol ‘View Details’.

Mengutip AddivtiveTips.com (19/6/16), hasil tes yang dilakukan SourceForge ini kemungkinan bisa berbeda dari waktu ke waktu. Ada banyak hal yang mempengaruhi, seperti banyaknya user yang terkneksi ke jaringan tersebut dan aktivitas yang sedang Anda lakukan (upload, download, atau browsing).