Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tips Pantau Sistem One Way di Jalan Tol Pakai Google Maps
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sistem satu arah (one way) bakal diterapkan kepolisian pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2022. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk hindari penumpukan kendaraan pemudik di jalan tol.

Namun, kepolisian menjelaskan bahwa aturan one way bersifat situasional. Artinya, rekayasa lalu lintas didasarkan pada perkembangan kondisi aktual di lapangan.

Tapi rekayasa lalu lintas ini diberlakukan dengan melihat situasional dan melihat arus yang masuk maupun keluar tol,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Gatot Repli Handoko,

Untuk mudahkan masyarakat mengakses jalur tol terhindar dari kemacetan, pemudik diharapkan bisa pakai aplikasi Google Maps yang sudah ikuti strategi diskresi kepolisian dengan terapkan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga:
Cara Mencari Online SPBU dan ATM saat Mudik via Google Maps

Ia pun mengimbau masyarakat untuk pantau informasi terbaru lewat sosial media Polri, NTMC, atau pemberitaan di media massa, juga memeriksa Google Maps sebelum lakukan perjalanan mudik.

Buat yang masih bingung bagaimana caranya, langkah pertama yang harus dilakukan untuk lihat rute perjalanan yang diterapkan one way adalah mengaktifkan fitur lokasi atau GPS di smartphone. Selain itu, pastikan ponsel punya koneksi internet supaya bisa lihat rute-rute yang diterapkan kebijakan one way di Google Maps secara langsung.

Jika internet tidak stabil, maka Google Maps tidak bisa lakukan update kondisi secara langsung. Jadi pengguna wajib punya kuota internet supaya Google Maps bisa perbaharui kondisi lalu lintas sepanjang waktu secara berkala.

Baca Juga:
Google Mungkinkan Pengguna Hapus Data Sensitif dari Hasil Pencarian

Meskipun puncak arus mudik sudah berlalu, tetapi arus balik tetap wajib dipantau, agar perjalanan balik ke Ibu Kota tetap aman dan nyaman. Adapun cara lihat jalan yang pakai sistem one way di Google Maps ialah sebagai berikut.

  • Aktifkan GPS pada smartphone.
  • Bukalah aplikasi Google Maps.
  • Pilih lokasi tujuan dengan menuliskan alamat lokasi tujuan di bagian search here, yang terletak di bagian atas.
  • Klik pada alamat yang akan dituju.
  • Kemudian, pilih opsi ‘direction’ untuk menunjukan rute menuju lokasi tujuan.
  • Pada tahap ini, Google Maps akan menunjukkan rute jalan dengan berbagai macam warna, mulai dari warna merah, kuning, dan biru.
  • Selain itu, apabila terdapat jalan di rute yang bakal dilalui ada rambu dilarang masuk, maka artinya jalan tersebut sedang diterapkan sistem one way.

SHARE:

Elon Musk Ungkap Manfaat Satelit Internet untuk Kesehatan dan Bisnis Digital

Ini 5 Inisiatif Strategis Pendorong Transformasi, Hasil Riset IOH dan Twimbit