Technologue.id, Jakarta – Transaksi keuangan selama libur lebaran diproyeksi akan meningkat pesat dibanding hari normal biasanya. Karena sebab itu, ada baiknya kita harus senantiasa menjaga dengan baik rekening bank kita. Nasabah bisa memproteksi sendiri rekeningnya agar tidak menjadi sasaran sindikat pembobol.

Berikut di bawah ini ada beberapa tips sederhana melindungi rekening dari kasus pembobolan.

Baca Juga:
5 Tips Mudik Lebaran Lancar dan Nyaman

1. Jaga terus OTP Anda.
Jangan pernah membagikan kode OTP (One Time Password) ke siapa pun, termasuk mereka yang mengatasnamakan perbankan, karena bank tidak akan meminta informasi OTP, CVV (Card Verification Value), ataupun password penggunanya, baik secara langsung maupun secara online.

- Advertisement -

Saat menggunakan mesin ATM, selalu tutupi tombol nomor PIN dengan tangan agar tidak dilirik oleh orang di sekitar.

2. Ganti password secara berkala.
Jangan gunakan data pribadi seperti tanggal lahir atau nama belakang sebagai password rekening Anda. Pilihlah password yang unik, gunakan kombinasi angka yang tidak berurutan, tidak berulang, dan tidak sama dengan user ID untuk memastikan bahwa password Anda cukup sulit ditebak.

3. Selalu jaga kartu kredit dan kartu debit.
Pastikan hanya Anda yang menggunakannnya saat bertransaksi, baik secara offline maupun online. Jaga kerahasiaan nomor CVV Anda dan jangan bagikan ke siapa pun.

Baca Juga:
5 Akun Twitter yang Patut Dipantengin Selama Mudik

4. Waspada penipuan
Selalu waspada dengana modus-modus penipuan yang mungkin saja akan Anda jumpai. Banyak oknum yang mengatasnamakan pihak bank berupaya mengelabui pengguna untuk memberikan data pribadinya. Patut diwaspadai penipuan dengan berbagai modus yang mungkin saja sudah direncanakan dan tidak disadari.

5. Perhatikan kondisi fisik mesin ATM
Salah satu metode pembobolan rekening bank lain yang sempat ramai beberapa waktu lalu adalah skimming yang menggunakan suatu alat skimmer di mulut tempat masuk kartu ATM. Skimming memerlukan alat itu untuk membaca data elektromagnetik dan kamera tersembunyi untuk melihat PIN nasabah, lalu mencetaknya di kartu baru yang digandakan.

Perhatikan apabila ada benda asing di tempat masuk kartu ATM karena bisa saja ada oknum tak bertanggung jawab yang memasang alat skimmer di sana.