Tips Tangkal Penipuan via Email di Facebook dan Instagram

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pernah dapat email yang mengaku dari Facebook dan meminta informasi pribadi Anda, seperti nama akun dan kata sandi? Atau menerima email dari Instagram yang mengklaim bahwa akun Anda akan dilarang atau dihapus jika tidak mengikuti arahan mereka? Waspadalah! Bisa jadi itu adalah serangan phishing atau penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi.

Phising merupakan salah satu bentuk serangan siber, yaitu ketika seseorang berpura-pura menjadi orang lain, dan berusaha mengelabui, hingga korban menyerahkan informasi pribadi. Dalam kasus ini, penipu biasanya akan mengirimkan email yang seolah-olah berasal dari Facebook atau Instagram dengan menyertakan logo, sehingga sulit bagi sebagian orang untuk mengidentifikasi email asli dan email palsu.

Oleh karena itu, Facebook dan Instagram senantiasa mengembangkan fitur-fitur yang dapat membantu orang untuk tetap aman dan nyaman di platform tersebut. Jadi, langkah apa yang dapat dilakukan untuk melindungi diri Anda dari aksi tipu daya phishing di Facebook dan Instagram?

Baca Juga:
3 Tips Aman Anak Berinternet dari Google

Facebook

Apabila Anda pernah menerima email yang mengaku dari Facebook, Anda bisa mengonfirmasi kebenarannya dengan memeriksa email terbaru yang dikirimkan oleh Facebook melalui langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Facebook di ponsel
  2. Klik ikon tiga garis horizontal di kanan bawah aplikasi Facebook.
  3. Gulir (scroll) ke bagian bawah menu dan pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Keamanan dan Login.
  4. Gulir (scroll) ke bagian bawah menu, cari menu Tingkat Lanjut > Lihat email terbaru dari Facebook.

Pada menu ini, Facebook akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun (seperti permintaan untuk mengubah kata sandi) dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan, sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Facebook dapat dilihat di tab Email Lainnya.

Hindari mengklik tautan dalam email yang mengaku dari Facebook sebelum mereka memeriksa kebenarannya melalui tahapan di atas.

Baca Juga:
Instagram Bagikan Tips Lindungi Akun dari Phishing

Instagram

Untuk membantu mengidentifikasi email phishing dan spam, Anda bisa melihat email resmi dari Instagram yang dikirim dalam 14 hari terakhir pada menu Pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat email yang dikirim oleh Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram di ponselmu
  2. Klik ikon ‘People’, lalu klik ikon tiga garis horizontal di kanan atas aplikasi Instagram
  3. Pilih Pengaturan > Keamanan
  4. Pilih Email dari Instagram

Pada menu ini, Instagram akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun (seperti permintaan untuk mengubah kata sandi) dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan, sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Instagram dapat dilihat di tab Email Lainnya.

Selain itu, pesan Instagram resmi terkait keamanan akun hanya akan dikirim ke alamat email Anda, dan tidak akan dikirim melalui Pesan Direct.

- Advertisement -

Latest News

Sering Scan Kode QR? Ini Bahayanya

Technologue.id, Jakarta - Memasuki era digital, kode QR semakin menjamur. Kode unik ini sangat mudah ditemukan mulai di kemasan makanan, tiket, tagihan...

Pendiri Zoom Ngaku Capek Meeting Virtual

Technologue.id, Jakarta - CEO sekaligus pendiri Zoom, Eric Yuan mengaku lelah dengan penerapan sistem bekerja di rumah. Tak sungkan, ia mengeluh jika...

Refund Molor, Toko Furniture Fabelio Panen Kecaman Konsumen

Technologue.id, Jakarta - Akun Instagram resmi toko furniture online, Fabelio, digeruduk sejumlah konsumen. Mereka mengeluhkan soal proses pengembalian uang atau refund yang...

Kenaikan Transaksi Shopee Berlipat saat Ramadan

Technologue.id, Jakarta - Di momen Ramadhan 2021 Shopee mengalami kenaikan transaksi yang signifikan. Tercatat selama kampanye Big Ramadan Sale ada lebih dari...

Sony Hapus Kamera DSLR dari Situs Resmi, Berhenti Produksi?

Technologue.id, Jakarta - Mungkin kita tidak akan pernah melihat perangkat DSLR A-series keluaran terbaru dari Sony. Pasalnya produsen elektronik asal Jepang itu...

Related Stories