Technologue.id, Jakarta – Wi-Fi seakan sudah menjadi hal wajib dimanapun Anda berada. Begitu pun di perkantoran. Hampir semua kantor saat ini memiliki jaringan Wi-Fi, dan bahkan terkadang lebih dari satu. Namun, tahukah Anda bahwa jaringan nirkabel memiliki celah keamanan yang bisa dieksplotasi?!

Tidak semua perusahaan menggunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk jaringan Wi-Fi mereka. Bahkan tidak begitu banyak yang membatasi kekuatan sinyal WI-Fi untuk mencegah koneksi jaringan di luar kantor. Langkah kecil tersebut sebenarnya menjadi pencegahan sederhana dari serangan potensial yang berkeliaran di dekat kantor dan mencoba masuk ke jaringan perusahaan melalui koneksi Wi-Fi.

Melakukan  serangan pada login router hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Sedangkan meretas kombinasi kata sandi yang rumit membutuhkan lebih banyak waktu. Dengan beberapa router, seorang pelaku kejahatan siber dapat dengan mudah menggunakan kerentanan dalam firmware.

Banyak perusahaan menggunakan jaringan Wi-Fi yang berbeda untuk karyawan dan tamu. Ini adalah pencegahan yang masuk akal: di satu sisi, para pelanggan dan pengunjung lainnya dapat terhubung ke Internet kantor; di sisi lain, mereka tidak akan memiliki akses ke jaringan perusahaan dan sumber daya internal.

- Advertisement -

Untuk itu tim Kaspersky membagikan tips untuk menghindari kerentanan pada bagian jaringan Wi-Fi yang ada di kantor:

  • Perbarui firmware router Wi-Fi dan access pont, dan selalu lakukan pembaruan sistem.
  • Menerapkan kata sandi yang unik, panjang, dan rumit untuk mengakses Wi-Fi. Karyawan Anda hanya perlu memasukkannya satu kali di setiap perangkat, dan kata sandi yang kuat membuat peretasan jaringan menjadi lebih rumit pula.
  • Batasi kekuatan sinyal sehingga jaringan Anda tidak dapat digunakan dari luar kantor.
  • Sembunyikan nama jaringan untuk membuatnya lebih sulit ditemukan.
  • Pilihlah nama jaringan yang tidak biasa dansulit ditebak, lalu jauhkan nomor model router dari itu, sehingga pelaku kejahatan siber tidak dapat menggunakannya untuk mencari kerentanan yang diketahui.
  • Pisahkan jaringan Wi-fi tamu sehingga mereka tidak memiliki akses ke sumber daya internal.