Technologue.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunjuk sejumlah perusahaan teknologi sebagai mitra strategis ekonomi digital untuk mendukung DKI Jakarta sebagai Kota Cerdas (Smart City), salah satunya Tokopedia.

Tujuan dari kerja sama ini adalah mengajak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, seperti Tokopedia, untuk mendorong digitalisasi di Indonesia, termasuk dalam bidang ekonomi dan pelayanan publik.

Baca Juga:
Aplikasi AR Jadi Jawara Tokopedia DevCamp 2019, Seperti Apa?

“Kami menyambut baik Tokopedia sebagai mitra strategis ekonomi digital dan pelayanan publik dalam menjadikan Jakarta sebagai Smart City. Kemitraan ini membuka peluang bagi masyarakat untuk terintegrasi secara digital di berbagai sektor agar masyarakat mendapat kemudahan secara online, mulai dari mengakses pelayanan publik hingga memulai bisnis,” kata Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Fokus utama kerja sama mitra ekonomi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah pemberdayaan pegiat UMKM. Mitra ekonomi akan mendukung pemerintah dalam menyediakan pelatihan dan pemantapan kepada UMKM. Pelatihan ini dilaksanakan demi mempersiapkan para pegiat UMKM untuk bersaing dan berkontribusi lebih terhadap perekonomian di era digital, baik melalui ranah offline maupun online.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan, “Teknologi dapat memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih. Maka Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia berkomitmen meningkatkan literasi digital demi mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus mengakselerasi terwujudnya misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.”

Baca Juga:
Tokopedia Dorong Perkembangan Ekonomi Digital di Jawa Barat

Astri menambahkan bahwa dalam mewujudkan misi tersebut, Tokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis.

“Kali ini, kami bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung Smart City. Harapannya, masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta, bisa memanfaatkan teknologi untuk lebih mudah mengakses layanan publik dan berkontribusi terhadap perekonomian digital daerah dengan memulai usaha,” imbuhnya.

Hingga saat ini, Tokopedia telah menjadi rumah bagi lebih dari 6,2 juta penjual dimana 70 persen diantaranya adalah pebisnis baru. Selain itu, Tokopedia juga telah memungkinkan ratusan ribu warung kelontong, kios dan usaha individu lain, untuk memanfaatkan teknologi dalam menjual produk digital seperti pulsa, token listrik dan sebagainya atau me-restock barang dagangan di toko offline-nya dengan lebih mudah, cepat dan efisien, melalui aplikasi ringan berukuran 2 MB yakni Mitra Tokopedia.

Kerja sama strategis Pemprov DKI Jakarta dengan mitra ekonomi seperti Tokopedia juga berfokus kepada peningkatan layanan Kartu Jakarta Pintar Plus dan KJMU Plus, digitalisasi sektor kepariwisataan dan transportasi publik, hingga kolaborasi pembangunan taman literasi digital.

Seluruh poin yang tertulis dalam kemitraan ini merupakan langkah awal yang diambil dalam memastikan pembangunan yang berkelanjutan terhadap Smart City di Jakarta.