Technologue.idInternete-CommerceTokopedia Luncurkan Fitur Voice Over, Bantu Pengguna dan Mitra Tokopedia Akses Aplikasi

Tokopedia Luncurkan Fitur Voice Over, Bantu Pengguna dan Mitra Tokopedia Akses Aplikasi

Technologue.id, Jakarta – Tokopedia meluncurkan fitur ramah difabel yaitu Voice Over. Fitur ini memudahkan pengguna maupun mitra Tokopedia dari kalangan difabel, dalam menggunakan aplikasi Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang.

“Lewat fitur ini kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” ungkap Ferico Samuel, Engineering Manager Tokopedia sekaligus pengembang fitur tersebut.

Ferico juga menjelaskan bahwa kehadiran fitur itu tidak lepas dari kontribusi difabel yang sekaligus menjadi pengguna Tokopedia, “Fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekandifabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka.”

Baca Juga:
Deretan Fitur Tokopedia yang Bikin Jualan Laris Manis

Salah satu tunanetra pengguna Tokopedia, Maria Hardono, berkata, “Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping.”

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar, mengatakan, bahwa fitur ini membantu dirinya dalam penggunaan aplikasi Tokopedia. Baik dalam berbelanja maupun mengembangkan usahanya.

“Sejak saya menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman,” tuturnya.

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android.

Baca Juga:
Tokopedia Catat Kenaikan Transaksi di Indonesia Bagian Barat

Tak hanya itu, Tokopedia melalui Tokopedia Bersama pun berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel agar menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi. Misal, lewat pembukaan kanal donasi, pelatihan keterampilan, akses terhadap pengembangan usaha dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Tokopedia, yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), juga terus membuka kesempatan bagi talenta terbaik, termasuk difabel, untuk berkarya bersama, menciptakan beragam inovasi digital.

Deva Prasetya Wibowo dan Shaleh Mahfud adalah contoh Nakama difabel di Tokopedia Care Yogyakarta yang bergabung sejak 2019 dan konsisten berkontribusi mempermudah masyarakat Indonesia lewat layanan pengguna 24/7.

“Deretan inisiatif Tokopedia diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu masyarakat Indonesia, khususnya rekan-rekan difabel, memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang sekaligus #BangkitBersama memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” tutup Ferico.

- Advertisement -