Tokopedia Sebut Tidak Fasilitasi Impor Langsung dari Penjual Asing

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kritikan Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri yang melontarkan pernyataan lebih banyak produk asing di marketplace segera ditanggapi oleh pihak Tokopedia.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyampaikan bahwa Tokopedia adalah marketplace domestik yang hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia.

Baca Juga:
Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

“Penjual di Tokopedia hampir 100%nya UMKM lokal sehingga pasar Indonesia sepenuhnya dinikmati pelaku usaha domestik dan ekonomi berputar di dalam negeri. Tokopedia juga sama sekali tidak memfasilitasi adanya impor langsung dari penjual asing di dalam platform,” ujar Nuraini, dalam keterangan resmi yang diterima Technologue.id, Selasa (29/6/2021).

Sebagai platform e-commerce terbesar di tanah air, Tokopedia pun menyatakan komitmen untuk mendukung sebanyak-banyaknya UMKM lokal dengan mengupayakan sejumlah inisiatif seperti kampanye #JagaEkonomiIndonesia dan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang berfokus memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah.

Baca Juga:
Cara Tokopedia Dorong Penjualan UMKM Fesyen Muslim Lokal saat Ramadan

Hal ini dalam menjaga kelangsungan bisnis para penjual khususnya para UMKM lokal, sekaligus turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

Sebelumnya dalam diskusi Megawati Institute, Selasa (29/6/2021), Megawati mengatakan produk-produk yang dijual di Tokopedia terlalu banyak buatan luar negeri ketimbang produk lokal.

Dalam kesempatan itu, Megawati menyebut kritikan yang Ia sampaikan bertujuan untuk mendorong lebih mencintai produk-produk lokal.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories